Calkades Harus Hargai Moment Masa Tenang

Calkades Harus Hargai Moment Masa Tenang
NET / ILUSTRASI
0 Komentar

SUMEKS, Darmaraja – Memasuki masa tenang jelang pilkades, Kasi trantib Kecamatan Darmaraja Drs Enjang Juandi mengajak calkades dan timsesnya untuk menjaga kondusifitas. Pada masa tenang, seluruh calon kepala desa dan tim suksesnya diminta untuk menghargai masa tenang tersebut.

Enjang menyebutkan, pada masa tenang ada hal-hal yang harus dipatuhi oleh calon kepala desa dan para pendukungnya. Selain menurunkan atau menghilangkan semua Alat Peraga Kampanye (APK), semua calon juga harus menghilangkan aktivitas yang berbau kampanye. Seperti mengumpulkan masa, atau aktivitas sosialisasi ke rumah warga.

“Pada masa tenang, semua calkades dilarang melakukan aktivitas yang berbau kampanye,” kata Enjang kepada Sumeks, Minggu (24/10).

Baca Juga:PB Harus Cetak Atlet BerprestasiJatihurip Siap Sukseskan Pilkades

Dikatakan, calkades juga diminta agar selalu menjaga kekondusifan simpatisan yang jadi tim pemenangan. Sebab, perseteruan antara tim pemenangan bisa berdampak kepada tidak kondusifnya proses pilkades.

“Masing-masing calkades harus bisa mengendalikan tim pemenangannya di masa tenang ini. Jangan sampai ada gesekan antar tim. Sebab, itu bisa menimbulkan konflik dan mungkin bisa berdampak kepada proses pilkades,” katanya.

Sementara itu, Kasi Pemerintahan, Dadang Jo menyebutkan, berkaitan dengan masa tenang di pilkades serentak ini, kepatuhan para calon menjadi penentu berlangsungnya proses pemungutan suara dengan kondusif.

“Kondusifitas pilkades bergantung kepada kepatuhan calkades dan tim pemenangannya untuk menjalankan regulasi yang sudah ditetapkan dalam pilkades ini,” tegasnya.

Dalam hal ini, masyarakat juga diharapkan bisa mendukung proses pilkades ini dengan tenang dan tidak mudah terprovokasi untuk melakukan tindakan yang mengarah kepada konflik.

“Masyarakat juga harus menghargai moment masa tenang ini, tidak boleh melakukan tindakan politik yang bisa menimbulkan keributan. Kalaupun ada pelanggaran yang dilakukan, segera melaporkannya kepada panitia,” kata dia. (eri)

0 Komentar