Akses Jalur Wisata Tak Sesuai Harapan

Akses Jalur Wisata Tak Sesuai Harapan
Pengunjung Wisata Balong Geulis melintas di areal akses jalan yang tidak terawat. (Foto: Heri Purnama/SUMEKS)
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES, Cibugel – Akses ruas jalan Cibugel-Citengah dikeluhkan masyarakat. Akses jalan kabupaten yang ada di Desa Jayamekar Kecamatan Cibugel hingga saat ini belum ada perbaikan.

Padahal, disepanjang akses jalan tersebut banyak potensi wisata yang bisa mendongkrak perekonomian masyarakat.

Salah satu pengelola wisata di Cibugel, Dadang Romansah menilai, sangat menyayangkan akses jalan tersebut tidak tersentuh bantuan pemerintah.

Baca Juga:Minyak Goreng Naik, Pedagang Tahu TerpurukPasir Angin Suguhkan Pemandangan Alam

Seharusnya, kata dia, pihak terkait bisa mengklasifikasi ruas jalan yang jadi prioritas perbaikan. Seperti akses jalan yang bisa menghubungkan antara Kecamatan Cibugel-Sumedang Selatan itu, merupakan akses jalan yang punya banyak fungsi.

Selain untuk akses jalan pintas menuju pusat perkotaan Sumedang dari Kecamatan Cibugel, disepanjang jalan tersebut juga punya daya tarik untuk dijadikan destinasi wisata.

“Seharusnya akses jalan tersebut jadi prioritas perbaikan, karena akses tersebut multifungsi,” katanya.

Selain itu, akses jalan tersebut dijadikan akses jalan pertanian oleh masyarakat Cibugel. Dengan terawatnya akses jalan tersebut maka petani akan terbantu untuk mengangkut hasil buminya.

“Selain jalan wisata akses jalan ini juga merupakan akses jalan yang menunjang pertanian,” katanya lagi.

Salah satu pengunjung wisata Balong Geulis yang ada di Desa Jayamekar, Budi mengeluhkan, kondisi akses jalan yang tidak terawat.

Menurutnya, akses jalan yang kondisinya kurang nyaman digunakan, akan menghambat perkembangan wisata yang ada. Padahal, wisata Balong Geulis punya daya tarik tersendiri dengan keindahan alamnya yang menunjang.

Baca Juga:Keraton Sumedang Larang sebagai Sentrum BudayaTidak Puas, Calon Kades Bisa Ngadu ke PTUN

“Balong Geulis merupakan destinasi wisata yang menyuguhkan pesona alam, setiap wisatawan pasti tertarik untuk mengunjunginya, tapi kalau akses penunjangnya seperti ini tentu akan melemahkan minat pengunjung,” kata dia (eri)

0 Komentar