Pelatihan Penulisan Artikel Hasil Penelitian Tindakan Kelas

Pelatihan Penulisan Artikel Hasil Penelitian Tindakan Kelas
Prof Dr Hj Aan Komariah MPd
0 Komentar

Berdasarkan Attachment Theory Dalam Peningkatan Kompetensi Profesional Guru

SUMEDANGEKSPRES.COM, Publikasi ilmiah dan karya inovatif merupakan kegiatan yang sangat penting bagi seorang guru terlebih bagi mereka yang ingin meningkatkan karier profesionalnya.

Masih terdapat banyak guru yang belum memahami dan terbiasa dalam menulis artikel ilmiah sehingga laporan hasil penelitian tindakannya kurang dapat memberikan manfaat pada banyak orang.

Untuk itu, perlu dilakukannya sebuah pengabdian yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru dalam menyusun artikel ilmiah sampai layak untuk dipublikasikan.

Baca Juga:Tren Pandemi Membaik, Menko Airlangga: Pemerintah Jaga Momentum Pengendalian Kasus Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi NasionalPerjuangan Mashurin di Perantauan, 30 Tahun Tinggalkan Rumah Demi Jadi TNI

Dalam hal ini, tim dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pendidikan Indonesia (LPPM UPI) memberikan kontribusi secara optimal melalui kegiatan pelatihan penulisan artikel hasil penelitian tindakan kelas berdasarkan Attachment Theory dalam peningkatan kompetensi profesional guru.

Adapun guru-guru yang ikut serta dalam kegiatan pengabdian ini adalah para guru yang tergabung dalam Asosiasi Profesi dan Keahlian Sejenis (APKS) PGRI Provinsi Jawa Barat yang telah memiliki hasil penelitian tindakan kelas.

Kegiatan pendampingan dilakukan sebanyak 5 kali pertemuan, setiap minggu dilakukan pertemuan sebanyak satu kali, untuk pemberian materi oleh pendamping utama yaitu Prof Dr Hj Aan Komariah MPd bergantian dengan Dr Dedy Ahmad Kurniady MPd.

Setelah kegiatan pemberian materi, setiap pertemuan peserta diberikan tugas berupa Lembar Kerja sebanyak 3 lembar kerja, yakni LK 1 – LK 3.

Pertemuan juga dilakukan secara Intens melalui WhatsApp Group, sebagai wadah untuk konsultasi terkait pembuatan artikel.

Pelatihan ini diikuti oleh 28 peserta yang terdiri dari guru dan kepala sekolah. Adapun teknis dalam pelatihan ini, para peserta dibagi dalam empat kelompok dengan masing-masing kelompok memiliki satu pendamping.

Dalam hal ini tim LPPM UPI bekerjasama dengan mahasiswa serta para pakar jurnal/pengelola jurnal untuk membantu kegiatan pendampingan ini, yakni saudari Cucun Sunaengsih MPd, Siti Nurlatifah MPd dan saudara Irvan Gunawan SPd yang bertanggung jawab dalam memberikan pendampingan secara Intens dan optimalisasi dalam penyusunan manuskrip artikel jurnal para peserta setiap kelompoknya agar siap publish.

Baca Juga:Warga Keluhkan Parkir Truk SemrawutPenggantian Perangkat Desa Ada Aturannya

Seluruh peserta pelatihan mendapatkan benefit berupa: ilmu dan pengalaman yang bermanfaat, e – Certificate sebagai peserta pelatihan dan peserta terbaik serta yang memiliki artikel terbaik juga mendapatkan e-certificate lebih, 5 peserta dengan artikel terbaik akan dipublikasikan hasil karyanya pada jurnal Pakar Guru secara gratis dan untuk seluruh peserta yang ingin mempublikasikan karyanya pada jurnal juga akan mendapatkan diskon yang ditanggung oleh tim pengabdian.

0 Komentar