Hariang Tuntaskan Program Rutilahu

Hariang Tuntaskan Program Rutilahu
Beberapa pekerja saat membereskan sebuah rumah penerima program rutilahu, kemarin. (Foto: ISTIMEWA)
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM, Buahdua – Setelah pelaksanaan program rutilahu tahap satu di Desa Hariang Kecamatan Buahdua tuntas 100 persen, kini panitia atau LPM kembali melaksanakan pembangunan rutilahu tahap dua.

Seperti pada tahap satu, pada tahap dua pun setiap penerima manfaat rutilahu menerima bantuan berupa material yang dibutuhkan senilai Rp 16,5 juta. Kemudian, biaya upah atau HoK sebesar Rp 700 ribu.

Ketua LPM Desa Hariang Marku SPd MPd menyebutkan pelaksanaan rutilahu tahap satu di Desa Hariang sudah tuntas 100 persen. Sebanyak 20 rumah tidak layak huni kini sudah diperbaiki atau dibangun secara permanen dan menjadi layak huni.

Baca Juga:Petani Jatigede Siap Tingkatkan Produksi PadiLegok Sukatali Terancam Putus

“Bahkan, hasil dari tahap satu pembangunan rutilahu ini pun sudah dimonev oleh tim dari Perkim Kabupaten Sumedang. Alhamdulillah semua pihak memberikan nilai yang positip,” terang Marku di Kantor desa Hariang, Rabu (16/11).

Dijelaskan, Desa Hariang pada tahun 2021 ini mendapat bantuan program rutilahu sebanyak 40 rumah. Pelaksanaannya dibagi dua tahap, tahap pertama 20 rumah dan tahap kedua 20 rumah.

“Ya, kini kami fokus pada pelaksanaan tahap kedua. Sampai hari ini diperkirakan pelaksanaan pembangunan rutilahu yang 20 rumah tahap dua ini sudah mencapai 60 persen. Meski cuaca musim hujan tapi pekerjaan tetap berjalan,” kata Marku.

Sementara, di tempat terpisah beberapa orang warga penerima manfaat rutilahu bersyukur rumah mereka dibangun secara permanen. Pembangunan rutilahu tahap kesatu dilaksanakan pada bulan Oktober.

“Kini rumah kami sudah layak huni dan sudah bisa ditempati oleh kami dan keluarga, ujar salah seorang penerima manfaat Milawati.

Menurutnya, semula rumahnya hanya gubuk reyot dengan ukuran 4 x 6 meter persegi. Dinding sebelah dari GRC dan sebelah lagi di pasang ram kawat ditutup spanduk bekas.

“Dengan adannya program rutilahu akhirnya jadi rumah permanen yang kokoh dan layak huni,” katanya.

Baca Juga:Pengakuan Istri Yana Setelah Korban Dinyatakan HilangPerda Pesantren Masuk Pembahasan

Kepala desa Hariang Karma Adi Suryana menyebutkan, program rutilahu di desa Hariang berjalan lancar. Semua rumah yang mendapat bantuan program pada tahap satu sudah tuntas 100 persen.

“Kini sedang masuk tahap dua, diperkirakan pada akhir bulan ini semua target pembangunan rutilahu sudah beres,” tukasnya. (atp)

0 Komentar