20 Makanan Rendah Kalori yang Cocok untuk Diet

20 Makanan Rendah Kalori yang Cocok untuk Diet
0 Komentar

10. Jamur putih

Jamur putih banyak digunakan oleh para vegetarian dan vegan sebagai pengganti daging. Sayuran ini sangat rendah kalori dan mengandung sejumlah nutrisi. Satu porsi jamur putih (70 gram) hanya mengandung 15 kalori saja.

11. Selada romaine

Meski termasuk kelompok sayuran berdaun, salada romaine cukup mengenyangkan. Biasanya, sayuran ini digunakan untuk salad atau sandwich. Kalori selada romaine sangatlah kecil karena tinggi kandungan air dan kaya serat. Sehelai selada romaine (6 gram) mengandung hanya 1 kalori.

12. Bayam

Bayam adalah sayuran berdaun hijau lainnya yang kaya akan vitamin dan mineral, tetapi rendah kalori. Sayuran ini tinggi vitamin K, vitamin A, dan folat, serta mengandung jumlah protein lebih tinggi dibandingkan sayur berdaun hijau lain.

Baca Juga:Daftar Makanan Terenak di Indonesia, Paling Nikmat. Kamu Pernah Coba Yang Mana?Kunci Gitar Mendung Tanpo Udan – Ndarboy Genk: Awak Dewe Tau Nduwe Bayangan Besok.. Yen Wes Wayah Omah Omahan – Kunci Dasar C

Satu porsi bayam (30 gram) juga hanya mengandung sekitar 7 kalori. Di Indonesia, bayam banyak diolah menjadi sup sayur dan digabungkan dengan bahan lainnya, seperti potongan jagung dan kaki ayam.

13. Tomat

Tomat adalah salah satu jenis sayuran paling populer di dunia. Sayuran ini bisa disajikan mentah, dimasak, atau dijadikan saus. Sayuran ini juga tinggi nutrisi dan mengandung komponen penting yang disebut likopen.

Penelitian mengungkapkan, likopen berpotensi membantu melawan kanker, peradangan, dan penyakit jantung. Tomat juga rendah kalori. Satu porsi tomat ceri (149 gram) mengandung sekitar 27 kalori.

14. Semangka

Semangka sangat kaya air sehingga menjadi buah yang dapat mengidrasi. Rasanya yang lezat membuat buah ini banyak digemari dan kerap diolah menjadi berbagai menu minuman.

Semangka mengandung hampir semua jenis gizi dan tinggi akan vitamin C. Bagi orang-orang yang sedang diet, semangka juga dapat dijadikan alternatif camilan. Seporsi semangka yang dipotong dadu (52 gram) hanya mengandung sekitar 46 kalori.

15. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan tinggi serat. Semangkuk oatmeal dapat menyediakan jumlah protein yang hampir sama dengan sebutir telur. Makanan ini juga bisa dijadikan alternatif sarapan sehat bagi orang-orang yang sedang diet.

Menurut para peneliti dalam sebuah studi di Annals of Nutrition and Metabolism, mengonsumsi oatmeal saat sarapan bisa memberikan rasa kenyang lebih, mengurangi rasa lapar, dan berpotensi membuat kita mengonsumsi lebih sedikit kalori di waktu makan berikutnya dibandingkan menu sarapan seperti corn flakes tinggi gula.

0 Komentar