Dishub Sisir Bus Tak Layak Jalan

Dishub Sisir Bus Tak Layak Jalan
Dishub Kabupaten Sumedang mempersiapkan rencana operasi angkutan menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru).
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM, Jatinangor – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sumedang tengah mempersiapkan rencana operasi angkutan menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021/2022.

“Dishub akan lakukan ram check atau inspeksi keselamatan kendaraan umum jelang perayaan Natal dan Tahun Baru tahun ini,” terang sekretaris Dishub Kabupaten Sumedang, Atang Sutarno, Selasa (21/12)

Menurutnya, ram check untuk memastikan kondisi kendaraan seperti bus pariwisata sekaligus untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan.

Baca Juga:Keterwakilan Perempuan Belum Sesuai HarapanPengalihan Aliran Sungai Tanpa Perhitungan

“Saat diberlakukannya ram check, kendaraan akan diperiksa satu persatu mulai dari kelengkapan teknis sampai kelengkapan secara administrasi mulai 22 hingga 26 Desember 2021,” terangnya.

Untuk itu persiapan Nataru, kata Atang, Dishub (Sumedang) bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan Darat Provinsi (Jawa Barat) dan pusat.

“Area yang akan menjadi tempat  melakukan ram check menjelang Nataru di area Terminal Ciakar. Jika dari pusat dituntut untuk melakukan pemeriksaan kecil lainya maka akan dilakukan sesuai instruksi,” jelasnya.

Namun begitu, Atang memaparkan akan dilihat terlebih dahulu keadaan. Kalau memang memungkinkan dan harus melakukan kegiatan (ram check) di lapangan maka Dishub akan lakukan pemeriksaan di lapangan.

Menurut Atang, pemeriksaan kendaraan umum secara kondisional bisa diperluas ke area terminal kecil seperti di wilayah Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang.

“Karena melakukan ram check perlu menggunakan alat dan sebagainya, sehingga jika dilakukan di luar cukup ribet, maka untuk sementara kita fokuskan di terminal (Ciakar),” imbuh Atang.

“Tapi kalau memang ada tuntutan harus ada dilakukan ram check, kita siap dan dari jajaran provinsi juga nasional akan melakukan pemeriksaan bekerjasama dengan kita (Dishub Sumedang),” tambahnya.

Baca Juga:Bupati Tabur 10 Ribu Benih Ikan Kancra dan Ikan Nila di Empang Gedung NegaraRelawan Unpad Beri Dujungan Psikologis Kepada Anak – anak Penyitas Erupsi Gunung Semeru

Dalam pemaparannya, Atang menuturkan, untuk sasaran pemeriksaan kendaraan umum akan diutamakan kepada bus antar provinsi.

“Meskipun ketika melakukan ram check pihak Dishub siap secara kondisional, pemeriksaan kendaraan umum sementara ini tetap diutamakan bus antar provinsi,” pungkasnya. (kos)

0 Komentar