Cimalaka Tuntaskan Semua Program Pemerintah di 2021

Cimalaka Tuntaskan Semua Program Pemerintah di 2021
Kepala Desa Cimalaka Dadang Suryana ketika ditemui Sumeks di kantornya, Rabu (29/12). (Achmad Sofa/SUMEKS)
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM, Cimalaka – Semua Program Pemerintah yang berkaitan dengan pembangunan, bantuan sosial dan Program Vaksinasi sudah tuntas dilaksanakan di Desa Cimalaka Kecamatan Cimalaka.

Hal itu disampaikan Kepala Desa Cimalaka Dadang Suryana, kepada Sumeks Rabu (29/12).

“Semua Program Pemerintah baik dari Kabupaten Provinsi dan Pusat di Desa Cimalaka, Alhamdulillah kami sudah selesaikan semua dengan tuntas,” katanya kepada Sumeks.

Baca Juga:Sutrisno: Sampaikan Salam Silaturahmi Puan Maharani ke RakyatErwan Ajak Sonia Kolaborasi

Di antaranya, pertama program bantuan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu), pihaknya menyalurkan bantuan untuk 25 unit rumah.

“Lima unit dari Dana Desa dan 20 Unit bantuan dari provinsi, itu sudah kami salurkan dan pembangunannya masih berjalan,” tuturnya

Ke dua Bantuan Langsung Tunai (BLT), yang bersumber dari Dana Desa yang sudah tersalurkan sampai tahap 12, dengan jumlah 31 KPM per tahap.

“Ke tiga, program pembangunan infrastruktur, berupa perbaikan jalan warga di RW 03 dan RW 04, yang bersumber dari dana bantuan Sapras Provinsi, sudah kami selesaikan,” tuturnya

Ke empat program vaksinasi Covid – 19 yang sudah melampaui target.

“Alhamdulillah, kami Pemerintahan Desa Cimalaka dari data yang ada, sudah melebihi instruksi target Pemerintah Kabupaten, dengan pencapaian 89 persen warga kami sudah di vaksin, itulah semua program Pemerintah yang sudah kami tuntaskan di bulan ini,” kata Dadang.

Disinggung soal alokasi Dana Desa tahun 2022, pihaknya melakukan pembagian sebagai mana diputuskan Presiden RI, Joko Widodo.

“Sebesar 40 persen untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT), 20 persen untuk ketahanan pangan dan 8 persen untuk pencegahan Covid 19,” terangnya.

Baca Juga:Menko Airlangga: Operasi Pasar Langkah Nyata Stabilisasi Harga PanganOptimalkan Peran UMKM, Menko Airlangga: Pemerintah Tingkatkan Plafon KUR dan Permudah Persyaratan

Sedangkan sisanya 32 persen untuk program SDGs dan program desa lainya, sebagai mana disampaikan kepada warga masyarakat melalui Musrenbang Desa, meskipun dengan cara sederhana dan melaksanakan protokol kesehatan. (ahm)

0 Komentar