Rumah Jebol Tertimpa Tebing

Rumah Jebol Tertimpa Tebing
0 Komentar

CIMANGGUNG – Isur, 52, warga Dusun Cibitung, RT03 RW03, Desa Sawahdadap, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang mulai perbaiki rumah jebol yang tertimpa Tembok Penahan Tanah (TPT).

Kejadian rumah jebol akibat guyuran hujan deras yang terjadi pada 30 September 2021 lalu dan mengguyur wilayah Kecamatan Cimanggung.

Akibatnya, TPT dengan tinggi sekitar tiga meter ambruk kemudian menimpa rumah Isur hingga rusak berat pada bagian belakangnya.

Baca Juga:Kahuripan Cileutik, Mata Air yang Tak Pernah SurutPolisi Bekuk Pengguna dan Pengedar Narkoba

Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam peristiwa ambruknya TPT itu, hanya saja salah satu rumah milik warga temboknya jebol tertimpa material longsoran tanah.

“Yang rusak bagian belakang rumah, dua kamar yang kena. Kamar yang satu udah jebol langsung kalau yang satunya udah melendung mau jebol,” kata Isur di kediamannya, Rabu (12/1).

Ia mengatakan, perbaikan rumahnya yang rusak akibat tertimpa TPT saat hujan deras beberapa waktu lalu tersebut, dilakukan secara mandiri alias dengan dana pribadi, sebab belum mendapat bantuan.

“Kalau bantuan saya alhamdulillah dapat sembako. Beras juga dapat 2 kilo (gram), kemudian ada minyak goreng, mie (instan) dua kardus,” pungkas Isur.

Dalam pemaparannya, Isur menuturkan, dirinya tidak mengetahui apakah sembako yang diterimanya itu merupakan kumpulan dana warga atau bantuan dari pihak lain.

“Sudah diterima bantuannya. Kurang tahu dari donatur atau dari mana. Pokoknya yang mengantarkan sembakonya itu Ketua RW,” imbuhnya.

Sementara itu, Isur mengaku, pada saat peristiwa ambruknya TPT yang menimpa rumahnya itu, Kepala Desa Sawahdadap, Suganda bersama para staf mendatangi kediaman Isur untuk menengok kondisi keluarga Isur.

Baca Juga:Operasi Pasar Libatkan Stakeholder, Menko Airlangga: Langkah Nyata Menyikapi Kenaikan HargaCadas Pangeran Sumedang Menurut Pakar Geografi

“BPBD (Sumedang) juga datang, terus pendataan dari desa juga sudah pas kemarin. Cuman gak tahu ini rumah saya yang rusak kena TPT bakal dapet bantuan buat perbaikan atau tidak,” ucapnya.

Karena hal itu, Isur memperbaiki rumahnya yang rusak akibat terkena ambruknya TPT secara mandiri, supaya keluarga dapat istirahat dalam rumah dengan tenang dan nyaman. (kos)

0 Komentar