Banjir di Jalan Cibodas Conggeang, Rugikan Warga

Banjir di Jalan Cibodas Conggeang, Rugikan Warga
Banjir di Jalan Cibodas Conggeang, Rugikan Warga
0 Komentar

sumedang.jabarekspres.com – Hujan yang mengguyur wilayah Kecamatan Conggeang pada Selasa (1/2), menyebabkan banjir di Jalan Cibodas Desa Conggeang Kecamatan Conggeang.

Ketinggian air di jalan Cibodas mencapai kurang lebih 20 Centimeter. Air mengalir mulai dari Sungai Cilame hingga ke jalan kabupaten ruas Conggeang Legok.

“Air sampai ‘umpal-umpalan di jalan saat hujan besar tadi. Roda mobil yang melintas hampir terendam setengahnya,” ujar seorang warga setempat Syarifah kepada Sumeks, Selasa (1/2).

Baca Juga:Mengulas Spesifikasi Ban Mobil Untuk Kestabilan BermanuverMenteri Basuki Hadimuljono: Butuh Keberanian Berinovasi Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0

Dikatakan, keadaan tersebut tidak hanya mengkhawatirkan warga. Namun, juga menyebabkan kerusakan pada badan jalan karena aspal terkikis oleh air.

“Setelah hujan, biasanya jalan menjadi banyak berlubang karena terkikis air. Sehingga, menimbulkan kerusakan,” tegasnya.

Dijelaskan, seringnya banjir di jalan Cibodas disebabkan Sungai Cilame tidak mampu menampung air sehingga meluap ke badan jalan. Selain itu, karena gorong gorong yang berada di Sungai Cilame dan drainase pinggir jalan Cibodas berukuran kecil.

“Apalagi saat ini sedang dibangun Tol Cisumdawu, air dari hulu cukup besar karena tidak adanya resapan air. Sehingga, air limpas ke hilir dan menyebabkan banjir,” terangnya.

Diterangkan, kejadian banjir besar di jalan Cibodas lebih sering terjadi semenjak adanya pembangunan Tol Cisumdawu. “Kalau dahulu mah tidak terlalu besar seperti saat ini,” tegasnya.

Dia pun berharap, pihak pembangun Tol Cisumdawu segera menyelesaikan masalah ini agar tidak berlarut-larut. Karena, banyak merugikan masyarakat sekitar.

“Selain adanya kerusakan jalan dan adanya kekhawatiran banjir masuk ke perkantoran dan pemukiman, banjir juga menyebabkan banyaknya ikan yang lepas dari kolam warga,” terangnya.

Baca Juga:Sah, Pengurus Kaukus Perempuan Parlemen Sumedang 2020-2024 Resmi DilantikLirik dan Chord Dibanding Dia – Lyodra : Sungguh, Aku Lebih Mendalamimu Dibanding Dia

Pantauan Sumeks, selain di Jalan Cibodas, banjir juga terjadi di beberapa titik jalan kabupaten ruas Legok Conggeang. Seperti di Cibeureuyeuh, Tagog dan Cileueur.

“Air mengalir dari atas ke badan jalan kabupaten, sehingga menimbulkan kerusakan jalan. Warga yang melintas pun harus berhati-hati karena air saat deras mengalir,” ujarnya. (atp)

0 Komentar