Minim PJU, Pengaruhi Kenyamanan Pengunjung

Minim PJU, Pengaruhi Kenyamanan Pengunjung
Kondisi akses jalan di Dusun Cisema Desa Pakualam yang sangat minim PJU (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang.jabarekspres.com – Akses jalan menuju destinasi wisata minim Penerangan Jalan Umum (PJU).

Pantauan ‘Sumeks, beberapa destinasi wisata, akses jalannya masih sangat minim PJU. Seperti destinasi wisata Buricak Burinong yang ada di Desa Pakualam Kecamatan Darmaraja dan wisata Batu Dua yang ada di Desa Linggajaya Kecamatan Cisitu.

Minimnya PJU membuat minat wisatawan untuk berkunjung pada malam hari nol besar.

Baca Juga:Cimalaka Gelar Pelantikan Ketua RT dan RWTahun Baru Imlek, Wisatawan Tumpah Menuju Jatigede

Selain itu, pada momen hari yang mendung akses jalan tersebut juga cederung gelap, bisa berdampak kepada terancamnya keselamatan pengunjung.

Kepala Desa Pakualam, Sopian Iskandar menyebutkan, akses jalan yang membentang dari wilayah Cisema (Kampung Buricak-Burinong) sampai wilayah Desa Cigintung Kecamatan Cisitu kondisi pada malam hari sangat gelap tanpa adanya PJU.

Padahal, lanjut dia, akses jalan tersebut selain digunakan untuk penunjang wisata, juga menjadi satu-satunya jalan yang digunakan warga yang ada di Dusun Cisema dan kampung Baros.

“Akses jalan wisata ini masih sangat gelap tanpa adanya PJU. Padahal, kondisi akses jalan yang curam dan berkelok ini sangat memerlukan penerangan untuk meminimalisir kecelakaan,” kata dia, Selasa (1/2).

Apalagi, saat ini mulai bermunculan lagi wahana baru di destinasi wisata tersebut, seperti fores work. Seharusnya sarana penunjangnya dilengkapi agar para pengunjung nyaman saat mendatangi wisata tersebut.

“Padahal saat ini sudah ada wahana baru, kemungkinan para pengunjung juga akan bertambah banyak. Jadi kelengkapan sarana penunjangnya harus benar-benar maksimal, selain PJU akses jalan tersebut juga harusnya ada pelebaran,” katanya.

Sementara itu, jalan menuju destinasi wisata Batu Dua yang ada di wilayah Kecamatan Cisitu juga sangat minim penerangan. Padahal, akses jalan yang terkenal curam itu sudah sering memakan korban kecelakaan, untuk mengantispasi hal itu. Seharusnya sepanjang jalan tersebut ada PJU.

Baca Juga:Minyak Goreng Langka, Pemerintah Jual Minyak Satu HargaAir Bertumpahan Ke Badan Jalan Akibat Drainase Kurang Tertata

Kapolsek Cisitu, Iptu Awang Munggardijaya SH membenarkan, kalau kondisi jalan menuju Batu Dua sangat minim penerangannya. Padahal, penerangan jalan sangat penting untuk kenyamanan pengguna jalan dan menekan angka kecelakaan.

“Jalan menuju Batu Dua PJU nya masih sangat minim, harus ada upaya dari pihak terkait untuk melengkapi jalan tersebut dengan PJU,” ucapnya. (eri)

0 Komentar