Makna Film ‘Jaga’, Asli Rintisan Pemuda Sumedang

Makna Film 'Jaga', Asli Rintisan Pemuda Sumedang
Penayangan perdana Film Jaga di Rumah Kreatif Situraja, Sabtu (5/2). Banyak makna yang tersirat dari alur cerita film produksi asli Sumedang ini. (KEGGA KEGGYAN/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, SITURAJA–  Film anak bertajuk ‘Jaga’ telah tayang perdana pada hari Sabtu (5/2) di Rumah Kreatif Situraja.

Film yang diproduksi oleh Milang Pictures dan Panti Baca Ceria ini baru ditayangkan di Sumedang, setelah mengikuti beberapa festival film nasional dan masuk beberapa nominasi dan finalis.

Film pendek yang berdurasi sekitar 20 menit tersebut di produksi pada tahun 2021. Film tersebut tayang perdana di Kecamatan Situraja. Karena, beberapa aktor kebanyakan dari Situraja, begitu juga dengan para kru film.

Baca Juga:Anggota DPRD Sumedang dan Ayahnya Jadi Tersangka PanganiayaanUji Kompetensi Hasilkan Guru Profesional

Pembukaan pada penayangan perdana film tersebut dibuka langsung oleh Camat Situraja, Wasman.

Wasman pun sangat mengapresiasi dengan adanya film ‘Jaga’. Para pemain dan para kru yang dari Situraja.

“Semoga pada kesempatan selanjutnya, kita kolaborasi membuat film dan karya kreatif dari Situraja untuk Sumedang,” ungkap  Wasman.

Melalui film tersebut, sutradara ingin menunjukan bahwa setiap anak memiliki keunikan.

“Seringkali kita dihadapkan dengan standar-standar yang tak seharusnya. Anak pintar haruslah anak yang pandai mata pelajaran tertentu, atau standar yang secara tak sadar telah diajarkan pada kita sedari kecil. Seperti anak laki-laki harus kuat jangan menangis, anak perempuan haruslah lemah lembut. Hal ini menyebabkan ada beberapa anak yang dikucilkan di pergaulannya, atau merasa kecil di antara teman-temannya,” tegas Sutradara dari film Jaga, Khrisna Refiaji.

Para pemain film ‘Jaga’ pun begitu sangat senang, karena sudah cukup lama juga mereka menantikan film yang sudah beberapa kali akan tayang dan tertunda karena beberapa bulan kebelakang peraturan diperketat kembali.

Dengan mengikuti dari mulai tahap, casting, reading, acting dan shooting, mereka sudah tampil percaya diri, dan bangga dengan karyanya.

Baca Juga:BPN Sumedang Luncurkan Aplikasi ‘Sentuh Tanahku’ dan ‘Loketku’Jenjang Karir Satpol PP Tingkat Kecamatan Terbatas

“Film ini juga mengkritisi terhadap berkurangnya ruang bermain anak, serta kurangnya kepedulian kita terhadap anak dan cara ia bersosialisasi,” tambah Khrisna.

Film tersebut, nantinya akan ditayangkan di desa-desa yang ada di Kabupaten Sumedang oleh Panti Baca Ceria. Dulunya Panti Baca Ceria juga memang sudah mempunyai program Bioskop Masuk Desa. Dengan adanya film Jaga, akan melanjutkan kembali program Bioskop Masuk Desa tersebut, yang sudah mempunyai jadwal untuk bulan Februari-Maret 2022.

0 Komentar