BPN Sumedang Luncurkan Aplikasi ‘Sentuh Tanahku’ dan ‘Loketku’

Editor:
sumedang, KOTA – Kantor BPN Sumedang sejak tahun 2021 sudah menjalankan dua pelayanan digital secara online dengan memakai Aplikasi ‘Sentuh Tanahku’ dan ‘Loketku’.
Hal itu dilakukan dalam rangka optimalisasi dan peningkatan pelayanan melalui pelayanan digital kepada  masyarakat, khususnya terkait informasi – informasi untuk persyaratan dan bea administrasi biaya pembuatan Surat Hak Milik ( SHM ) kepemilikan tanah yang berupa (sertifikat).
Hal ini disampaikan Kasubag TU Kantor BPN Sumedang Hasan M Syafii SPd kepada Sumeks di kantornya beberapa waktu lalu.
“Saat ini di Kantor BPN Sumedang sudah berjalan program pelayanan digital secara online yang dimulai sejak tahun 2021. Pogram pelayanan digital secara online ini langsung dari Kementrian ATR BPN se Indonesia, namanya aplikasi Sentuh Tanahku dan aplikasi Loketku,” ujar Hasan.
Dikatakan, jadi masyarakat Sumedang bisa mengetahui informasi layanan, jenis layanan dan berapa biaya yang harus dibayar melalui aplikasi Sentuh Tanahku. Beberapa infomasi dan kemudahan yang bisa didapat dari aplikasi layanan pertanahan mobile Sentuh Tanahku diantaranya, pengecekan tanah bisa dimana saja, kapan saja waktunya dengan waktu yang cukup singkat.
“Kemudian, untuk informasinya aplikasi layanan pertanahan Sentuh Tanahku ini memuat Info Layanan, Info Berkas, Info Bidang Tanah, Info Sertifikat,” katanya.
Ditegaskan, dengan aplikasi Sentuh Tanahku masyarakat bisa mengetahui tentang persyaratan dan simulasi biaya layanan. Selanjutnya, bisa menelusuri proses berkas Sertifikat bidang tanahnya, bisa melihat langsung lokasi bidang tanahnya pada Peta Dunia dan masyarakat bisa mengetahui Informasi lengkap sertipikatnya.
“Jadi masyarakat Kabupaten Sunedang yang domisilinya jauh dari kantor BPN Sumedang, sekarang tinggal mendownload di Play store aplikasi Sentuh Tanahku. Nanti kita verifikasi, apabila sudah mempunyai akun tinggal login. Setelah login ada password atau username hingga bisa mengetahui informasi – informasi layanan pertanahan seperti info layanan Balik Nama kita klik nanti ada Jual beli, persyaratannya sudah ada, jangka waktunya sudah ada, berapa tarif biaya nya bisa dihitung langsung di aplikasi Sentuh Tanahku ini,” jelasnya.
Disamping itu, lanjut dia, di Kantor BPN Sumedang juga ada aplikasi pelayanan pertanahan online Loketku. Kemudahanya, warga Sumedang untuk pendaftaran tanahnya tidak perlu datang ke kantor BPN, tinggal Upload Berkas di aplikasi Loketku.
“Tetapi harus daftar dulu ke aplikasi Loketku ini. Yang sudah terverifikasi pendaftaranya, nanti berkas-berkas seperti KTP, KK itu tinggal upload saja di aplikasi Loketku yang nanti akan kami verifikasi. Kalau sudah dinyatakan lengkap baru nanti datang ke kantor kami. Karena, berkas aslinya tetap dikirim.
“Sementara, untuk yang di upload itu untuk mempermudah agar tidak bulak balik ke loket di kantor BPN Sumedang. Dimana saat datang kesini berkasnya itu sudah clear tinggal didaftar. Nanti untuk pembayaranpun itu dipermudah, untuk Surat Perintah Setor ( SPS) kita sampaikan lewat e-mail dan lewat whatsApp. Kalau pembayaran SPS nya sudah ada, baru kita proses. Apabila sudah selesai, maka akan kami beritahu juga lewat e-mail dan lewat whatsApp.
Ditegaskan, itu semua dipermudah, untuk mengurangi mobilisasi dan interaksi ke loket di kantor BPN dalam rangka penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) di masa pandemi Covid – 19 ini.
Hasan menegaskan Kantor BPN Sumedang benar – benar  memanfaatkan teknologi layanan pertanahan digital secara online untuk mempermudah  pelayanan kepada semua masyarakat Sumedang.
“Untuk masyarakat Sumedang segeralah download saja aplikasi Sentuh Tanahku dan Loketku untuk mempermudah layanan kantor BPN Sumedang, dimana untuk semua pelayanan kantor BPN bisa di dua aplikasi itu. Kecuali untuk pengambilan produk sertipikat yang sudah jadi, itu harus tetap datang ke kantor BPN Sumedang dan ini berlaku di seluruh Indonesia demikian,” tutupnya. (ahm) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *