Penyebab dan Perawatan Penyakit Jantung Koroner

7 Obat Alami Penyakit Jantung yang Belum Banyak Diketahui Orang, No. 3 Ada di Dapur Anda
nett/ilustrasi
0 Komentar

sumedangekspres – Penyakit Arteri Koroner atau dikenal sebagai penyakit jantung koroner adalah istilah umum untuk menyebut kondisi menumpuknya lemak dan zat-zat inflamasi, yang kemudian disebut dengan plak, di dinding pembuluh darah jantung yang bisa memicu serangan jantung.

Kondisi tersebut juga dikenal dengan nama iskemia. Penyempitan arteri yang kronis dari waktu ke waktu akan mengakibatkan aliran darah semakin berkurang bahkansampai berhenti jika plak sepenuhnya menutup pembuluh darah jantung.

Penyebab Penyakit Arteri Koroner

Dilansir dari primayahospital.com, Penyebab penyakit jantung koroner adalah tumpukan plak di dinding pembuluh darah yang mengarah ke jantung. Plak ini tersusun atas kolesterol, lemak, dan zat lain. Dalam beberapa kasus, plak ini bisa pecah sehingga trombosit akan bekerja memperbaiki arteri hingga terbentuk gumpalan darah yang bisa menghambat aliran darah ke otot jantung.

Baca Juga:Piala H Umuh Muhtar, Ajang Pencarian Bakat SepakbolaAkses Jalan Jembatan Cinta Kembali Terang, Camat Berharap Jalan di Pelosok Bisa Terang

Faktor risiko penyakit arteri koroner umumnya kadar kolesterol LDL yang tinggi dan kadar kolesterol HDL rendah, tekanan darah tinggi, riwayat keluarga, obesitas, dan diabetes. Kebiasaan merokok juga berkontribusi terhadap munculnya penyakit ini. Bagi kalangan perempuan, periode menopause juga menjadi faktor.

Gejala Penyakit Arteri Koroner

Penyakit arteri koroner bisa mulai muncul pada masa kanak-kanak sehingga di masa remaja sudah bisa ditemukan plak yang terbentuk di pembuluh darah pada kebanyakan orang. Namun gejala umumnya baru kentara ketika tumpukan plak sudah parah.

Gejala yang paling umum ditemukan adalah nyeri dada atau angina. Penderita penyakit jantung koroner juga biasanya mudah lelah, napasnya pendek, serta nyeri di leher dan lengan. Gejala lain yang bisa dirasakan di dada antara lain:

  • Tidak nyaman
  • Tertekan
  • Sesak
  • Berat
  • Panas terbakar
  • Terasa penuh
  • Seperti diremas

Perawatan Penyakit Arteri Koroner

Terdapat beberapa jenis perawatan penyakit arteri koroner. Ada yang harus dilakukan di rumah sakit, ada pula yang dapat dijalankan di rumah.

Perawatan di rumah meliputi perubahan gaya hidup, seperti menjauhi makanan yang mengandung kolesterol, gula, dan sodium. Pasien yang merokok harus berhenti. Selain itu, pasien mesti lebih aktif setiap hari dan belajar mengendalikan stres.

0 Komentar