Kemenag Himbau Masyarakat Jalani Puasa Ramadhan Penuh Ketakwaan

Kemenag Himbau Masyarakat Jalani Puasa Ramadhan Penuh Ketakwaan
Fuad Nasar (Sesditjen) Bimas Islam Kemenag (foto : hidayatullah.com)
0 Komentar

sumedangekspres – M Fuad Nasar selaku Sekretaris Ditjen (Sesditjen) Bimas Islam Kemenag, berseru mengajak seluruh umat Muslim di Indonesia untik menjalankan ibadah puasa Ramadhan dengan khusyuk, ikhlas dan penuh ketakwaan.

“Jangan menjalankan puasa sebagai formalitas saja, tetapi harus ada peningkatan dari tahun ke tahun. Kalau bisa kualitas puasa yang dijalankan di tahun ini lebih berkualitas dari tahun kemarin,” kata Fuad dilansir dari Republika.co.id (10/4).

Lebib lanjut, Fuad menjelaskan bahwa terdapat keunikan di bulan Ramadhan dimana berbagai dimensi ibadah dipertemukan selama bulan suci ini. Di antaranya ibadah shalat, zakat, silaturahmi dan mempertinggi daya penghayatan terhadap nilai keimanan, ketakwaan, serta akhlak dalam kehidupan.

Baca Juga:Kapan Waktu Itikaf yang Tepat di Bulan Ramadhan?Jangan Lewatkan Beberapa Keistimewaan Hari Jum’at di Bulan Ramadhan

Sangat penting berbagai ibadah tersebut dijadikan modal bagi masyarakat dalam mewujudkan tatanan sosial yang rukun, harmonis dan dinamis menuju Indonesia yang lebih baik.

Selain itu, menurut Fuad ibadah puasa Ramadhan merupakan sebuah pengalaman latihan ibadah yang berkesan bagi anak-anak sepanjang hidupnya. Saat dewasa nanti, anak-anak akan teringat kenangan saat dibangunkan sahur oleh orang tuanya dan pernah menjalankan puasa setengah hari.

Bagi orang dewasa, puasa Ramadhan adalah mengukur diri seberapa besar penghayatan terhadap ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. “Hasilnya akan terlihat bagaimana mengimplementasikan ajaran Islam dalam kehidupan sosial dan dimana saja berada,” pungkasnya. (cr1)

0 Komentar