Fapet Unpad Dorong Sumedang Jadi Sentra Ternak Puyuh

Fapet Unpad Dorong Sumedang Jadi Sentra Ternak Puyuh
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menerima cendera mata dari Dekan Fapet Unpad Dr. Rahmat Hidayat, M.Si., IPM, usai melakukan audiensi di Gedung Negara Pemkab Sumedang, Senin (30/5) (ist)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran bersama Paguyuban Peternak Puyuh menginisiasi pengembangan budi daya puyuh khususnya di Kabupaten Sumedang. Inisiasi ini diharapkan dapat menjadikan Sumedang sebagai sentra ternak puyuh di Jawa Barat.

Guna merealisasikan hal tersebut, Fapet Unpad bersama Paguyuban Peternak Puyuh melakukan audiensi bersama Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir terkait penawaran kerja sama pengembangan peternakan puyuh. Audiensi digelar di Gedung Negara Pemkab Sumedang, Senin (30/5).

Pada pertemuan tersebut, Dekan Fapet Unpad Dr Rahmat Hidayat, MSi IPM mengatakan, Fapet Unpad menawarkan kerja sama peningkatan kualitas SDM peternak puyuh. Kerja sama ini diharapkan dapat merealisasikan Sumedang menjadi sentra ternak puyuh.

Baca Juga:Ridwan Kamil Kumandangakan Azan Terakhir di Tepi Sungai Aare, Ikhlas Apapun Takdir ErilSetelah 10 Tahun Tercipta, ‘Kusadari Kurasa’ Akhirnya Dirilis

“Kerja sama SDM bagi peternak puyuh ini, baik yang memiliki pendidikan (degree learning) maupun non-pendidikan (non-degree learning),” jelas Rahmat dilansir dari Kanal Media Unpad.

Mengenai budi daya, rencananya akan mengembangkan jenis puyuh hasil riset yang dilakukan Fapet Unpad. Riset tersebut telah menghasilkan jenis puyuh ‘Puyuh Padjadjaran’ dengan beragam keunggulan dibanding varietas umumnya.

Selain itu, pihaknya juga menawarkan kerja sama terkait peningkatan produktivitas dan kualitas produk ternak puyuh. Sehingga, bisa memenuhi kebutuhan pasar, baik dalam maupun luar Sumedang.

Sementara itu, Bupati Dony mengapresiasi rencana pengembangan Sumedang sebagai sentra ternak puyuh untuk menyediakan pakan dan bibit puyuh berkualitas.

Sebagai tahap awal, ia mendorong berbagai pihak untuk mempersiapkan SDM andal yang ditunjang pendidikan formal maupun non-formal bagi pelaku usaha puyuh di Sumedang.

Melalui audiensi ini, pihaknya berharap kerja sama ini dapat menjadi media implementasi riset untuk meningkatkan produksi puyuh di Sumedang.

“Ke depannya akan melakukan pengawalan juga pendampingan di berbagai komoditas hasil ternak puyuh  di antaranya mengembangkan sentra ternak puyuh,  yang pada akhirnya akan bermuara dalam meningkatnya perekonomian masyarakat,” pungkasnya. (rls)

0 Komentar