Tiga Sektor, Bisa Putarkan Roda Perekonomian Masyarakat

Tiga Sektor, Bisa Putarkan Roda Perekonomian Masyarakat
Pemdes Cijati memberikan bantuan ternak domba kepada warga untuk pengembangan sektor peternakan di Desa Cijati, beberapa waktu lalu (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, SITURAJA – Pemerintah Desa Cijati Kecamatan Situraja bidik tiga sektor untuk kembangkan perekonomian masyarakat.

Untuk bisa berkembang dibidang perekonomian, Kepala Desa Cijati, Asep Junjun Junaedi cukup optimis melihat potensi yant sudah ada di Desa Cijati. Sebab, tiga sektor yang mempunyai pengaruh besar untuk memutarkan roda perekonomian masyarakat, seperti sektor peternakan, pertanian dan perikanan, ternyata sudah ada di desanya itu. Hanya saja tinggal mengolah bagaimana cara mengembangkannya.

“Di Desa Cijati sudah ada sebagaian masyarakat yang bergerak di bidang peternakan, perikanan dan pertanian. Bermodalkan tiga sektor itu, saya yakin Desa Cijati bisa maju dengan masyarakatnya yang sejahtera,” kata Asep kepada Sumeks, Senin (6/6).

Baca Juga:Sumedang Akan Produksi Lampu Led Bebas ListrikSMK Negeri 2 Sumedang Lepas 545 Lulusan

Asep menegaskan, pihaknya berencana untuk lebih fokus mengembangkan sektor perikanan dan peternakan. Sebab untuk bidang pertanian pihaknya menilai masyarakat sudah menganggap sektor pertanian sebagai ativitas keseharian.

“Saya akan fokus mengembangkan dua sektor dulu, (perikanan dan peternakan). Untuk pertanian masyarakat tinggal di edukasi teknik penggunaan pupuk dan beberapa hal lainnya,” kata dia.

Dikatakan, untuk perikanan pihaknya membidik untuk produksi benih ikan sekaligus pembesarannya. Sebab untuk benih ikan bisa dipasarkan kepada petani ikan yang ada di Waduk Jatigede pada saat ada zonasi untuk budidaya ikan di areal Waduk Jatigede.

“Mungkin untuk saat ini waduk Jatigede memang belum bisa untuk budidaya ikan karena ada larangan perda. Tapi untuk kedepannya kalau ada kebijakan pemerintah membuat zonasi khusus untuk budidaya ikan di waduk, produksi benih di desa ini akan mudah untuk dipasarkan,” paparnya.

Begitu juga dengan peternakan, pihaknya berharap desa tersebut menjadi sentral peternakan sapi dan domba. Produksi yang dihasilkan harus mampu menutup kebutuhab daging di pasar. Bahkan tidak hanya pasar yang ada di Sumedang saja, harus bisa memasarkan ke luar daerah.

“Dengan kreatifitas, saya yakin kita bisa mampu mewujudkan keinginan kita,” tegasnya. (eri)

0 Komentar