Website Resmi Pemda Provinsi Jabar Versi Baru: Hadirkan Informasi Layanan Publik dan Berita Daerah Terpercaya

Website Resmi Pemda Provinsi Jabar Versi Baru: Hadirkan Informasi Layanan Publik dan Berita Daerah Terpercaya
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA BANDUNG – Website resmi Pemda Provinsi Jabar jabarprov.go.id kini bertransformasi menjadi portal terintegrasi jabarprov.go.id .

Terdapat empat fitur unggulan dalam portal terintegrasi jabarprov.go.id . Pertama, fitur Berita Jabar yang menghadirkan berita terkini seputar pemerintahan, ekonomi, infrastruktur, pendidikan, sosial, kesehatan, dan teknologi di lingkungan Pemda Provinsi Jabar.

Kedua, menu Informasi Layanan Publik untuk memudahkan masyarakat dalam akses berbagai informasi layanan publik;

Baca Juga:Kemen PPPA Lakukan Verifikasi Kota Layak AnakHARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA, Dishut Jabar Canangkan ‘Koridor Hijau’ di Cikapundung Kolot

Ketiga, menu Profil Jabar untuk mengetahui lebih dalam seputar data dan fakta menarik terkait Jabar;

Keempat, menu Dashboard Publik Jabar yang menyajikan visualisasi data strategis Jawa Barat yang sudah terstandarisasi dan dapat diakses dengan cepat tanpa melalui proses birokrasi yang rumit.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat (Diskominfo Jabar) Ika Mardiah menyambut baik transformasi jabarprov.go.id. Ika menuturkan jika kemudahan mengakses informasi terkait Pemda Provinsi Jabar yang terintegrasi ini merupakan aktualisasi dari amanat Undang – Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Adanya inovasi dalam portal jabarprov.go.id ini merupakan aktualisasi dari Undang – Undang Keterbukaan Informasi Publik. Ini sejalan dengan komitmen Jabar sebagai provinsi informatif yang melakukan pengelolaan informasi yang lebih mudah diakses, akurat, dan dapat diandalkan bagi masyarakat, salah satunya melalui sarana konten informasi,” jelas Ika Mardiah di Bandung, Selasa  (7/6/2022).

Portal terintegrasi jabarprov.go.id merupakan salah satu produk unggulan  Jabar Digital Service (JDS) melalui pendampingan dari UK Government Digital Service  yang digagas pada tahun 2021.

Kini, portal terintegrasi jabarprov.go.id telah dilengkapi dengan fitur Content Management System (CMS) yang diperuntukan bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagai pengelola dan penyedia informasi.

Saat ini, terdapat lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemda Provinsi Jabar yang merupakan bagian dari pilot project yakni Dinas Pendidikan,  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Badan Pendapatan Daerah, Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial.

Dashboard Jabar, Visualisasi Data Interaktif dari Ragam Sektor

Baca Juga:OTD Waduk Jatigede Minta Pemda Buat Kebijakan Pemulihan EkonomiYana Optimis Kota Bandung Raih Kota Layak Anak Kategori Utama

Melalui menu Dashboard Jabar, masyarakat dapat mengakses dan mendapatkan visualisasi hasil olahan data secara interaktif dan real-time dari berbagai sektor.

0 Komentar