5 Tips Mengompres Anak Demam Agar Cepat Turun Panasnya

5 Tips Mengompres Anak Demam Agar Cepat Turun Panasnya
ilustrasi/istimewa/halodoc.com
0 Komentar

sumedangekspres – Mengompres menjadi salah satu cara agar demam anak cepat turun. Pertolongan yang dapat dilakukan untuk menurunkan panas saat anak demam yaitu kompres. Cara supaya ampuh dalam meredakan suhu tubuhnya, lakukanlah dengan tepat.

Reaksi tubuh yang melawan infeksi yaitu demam. Keadaan ini akan berjalan selama 3 hari sebelum sembuh dengan sendirinya.

Ketika anak demam, orang tua akan khawatir sehingga banyak yang mencari tips untuk meredakannya.

Baca Juga:8 Masalah Yang Tidak Harus diucapkan Kepada Penderita DepresiKapan Waktu Olahraga Yang Baik? Pagi Atau Sore?

Untuk mengatasi panas suhu yang meningkat, cara yang cocok adalah kompres. Selayaknya perhatikan dulu cara mengompres dengan tepat agar tidak salah sebelum memberikan kompres.

Selayaknya gunakan kompres air panas atau dingin saat demam

Beberapa orang banyak mempertanyakan pakai air apa jika mengompres anak. Sebenarnya kompres dengan air hangat adalah hal yang benar digunakan untuk meredakan demam anak.

Ketika kompres hangat diletakkan di bagian tubuh, seperti dahi atau lipatan ketiak, maka akan terjadi proses penguapan.

Berdasarkan sebuah studi dalam Journal of Nursing Practice tahun 2020, kompres air hangat menyebabkan suhu tubuh di luar menjadi hangat sehingga tubuh akan mengartikan bahwa suhu tersebut cukup panas.

Tubuh kemudian akan menurunkan pengatur suhu di otak, dan membuat pembuluh darah di tepi kulit melebar (vasodilatasi). Alhasil, pori-pori kulit akan terbuka dan memudahkan panas keluar sehingga terjadi penurunan suhu tubuh.

Sementara itu, kompres air dingin bisa menurunkan suhu tubuh anak terlalu cepat sehingga menyebabkan menggigil. Kini, Anda sudah memahami anak panas dikompres dengan air apa sehingga jangan lagi keliru.

Cara kompres anak demam

Tujuan memberikan kompres demam anak adalah menurunkan panas agar panas keluar lewat pori-pori kulit melalui proses penguapan. Berikut adalah cara kompres anak demam dengan tepat.

1. SIAPKAN AIR HANGAT

Baca Juga:Dua Tahun Tertunda, 404 Jamaah Haji Terbang ke MekkahPenjahit Tongcai Panen Omzet Setiap Hari

Siapkan air hangat untuk kompres anak demam. Dalam cara kompres yang benar, air hangat yang digunakan tidak boleh melebihi suhu tubuh anak.

Suhu air yang biasa diberikan untuk mengompres anak demam adalah 32,2-35 derajat Celcius.

Air hangat dapat membantu menurunkan suhu tubuh anak yang tinggi. Seperti telah dijelaskan sebelumnya, air untuk mengompres demam sebaiknya air hangat.

0 Komentar