Negara yang Bermayoritas Islam Terkaya di Dunia

Negara yang Bermayoritas Islam Terkaya di Dunia
Foto: istimewa/kompas.com
0 Komentar

sumedangekspres – Jumalah negara yang memeluk agama Islam merupaken yang terbesar kedua di dunia dengan total 1,9 miliar orang. Mereka tersebar dibeberap negara.

Tetapi, ada beberap negara yang jumlahnya lebih banyak memeluk agama Islam dibanding agama lain. Di Asia Tenggara misalnya, negara yang berpopulasi muslim terbanyak ialah Indonesia, yakni sebanyak 87,2% penduduk adalah muslim.

Selain Indonesia, ada juga negara bermayoritas muslim antara lain, Afganistan, Albania, Turki, Brunei Darussalam, Arab Saudi, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga:Apakah Dosa Istri Menolak Ajakan Suami Untuk Berhubungan IntimPerbedaan Bacaan Tahiyat Awal dan Akhir yang Sesuai dengan Tuntunan Rasul

Negara bermayoritas agama Islam pun memiliki tingkat perekonomian sendiri. Dari yang miskin sampai yang terkaya. Ukuran perekonomian ini bisa dilihat dari Produk Domestik Bruto (PDB) negara itu.

Dan berikut ini beberapa negara bermayoritas Islam terkaya di dunia:
1. Qatar
Negara ini kemiliki jumlah penduduk 2.508.182 orang. Dari jumlah tersebut 65.2% adalah muslim.

Qatar merupakan negara mayoritas muslim terkaya di dunia. Dilansir dari World Bank, Qatar memiliki PDB per kapita sebesar US$50.124 atau setara Rp722,8 juta (asumsi kurs RP14.240 per dolar).

Sumber daya minyak dan gas alam Qatar adalah mesin ekonomi utama negara dan sumber pendapatan pemerintah.Cadangan gas alam Qatar melebihi 25 triliun meter kubik atau 13 persen dari total cadangan dunia. Sementara, cadangan minyaknya pun lebih dari 25 miliar barel.

Terlepas dari dominasi minyak dan gas alam, negara yang dipimpin oleh Khalid bin Khalifa bin Abdulaziz Al Thani itu juga mendapat kekayaan dari manufaktur, konstruksi, dan jasa keuangan.

2. Uni Emirat Arab (UEA)
Negara ini memiliki total jumlah penduduk sebanyak 9.915.803 jiwa dengan 76 persen di antaranya adalah muslim. UEA menjadi negara mayoritas muslim terkaya kedua dengan jumlah PDB per kapita US$36.285.

Sumber kekayaan negara ini berasal dari minyak mentah, gas alam, dan ekspor emas. Bahkan, lebih dari 85 persen dari ekonomi UEA didasarkan pada ekspor minyak.

Baca Juga:Mengenal apa Mazhab didalam IslamApakah Benar Semua Dosa Akan Terhapuskan di Bulan Ramadhan

Sejak penemuan minyak di UEA hampir 60 tahun yang lalu, negara ini mengalami transformasi besar-besaran dari wilayah miskin gurun menjadi negara modern dengan standar hidup yang tinggi.

Nilai ekspor minyak mentah UEA pada 2020 mencapai US$47,9 miliar atau 7,2 persen dari total nilai ekspor dunia.

0 Komentar