7 Penyebab Batuk Dan Cara Mengatasinya

7 Penyebab Batuk Dan Cara Mengatasinya
ist/istockphoto/kaldunov
0 Komentar

sumedangekspres – Batuk yang sulit diobati akan sembuh jika mengetahui penyebab batuk tersebut. Apabila anda tidak sembuh dalam 3 minggu segara tangani oleh dokter.

Penderita batuk secara terus menerus sangat menggangu dalam berkativitas.

Reaksi tubuh saat ada benda asing masuk adalah batuk. Pastinya, imun akan menilai apakah batuk tersebut dapat membahayakan kesehatan atau tidak.

Salah satu cara mengatasi batuk tidak kunjung sembuh adalah berkonsultasi dengan dokter, supaya penyebabnya bisa diketahui.

Penyebab Batuk Tak Kunjung Sembuh

Baca Juga:4 Penyebab dan Cara Menghilangkan Pegal Di Betis10 Manfaat Teh Hitam Bagi Tubuh

Tanda batuk kronis yaitu apabila anda mengalami batuk tak kunjung henti dan lama sembuh.

Dikutip dari Mato Clinik, batuk yang berlangsung lebih dari 8 Minggu pada anak-anak adalah batuk kronis. Berjenis batuk kering atau berdahak.

Batuk terus-menerus tidak jarang membuat Anda khawatir. Meski demikian, penyebab batuk jenis ini biasanya bukanlah masalah kesehatan yang serius dan bisa diobati dengan perawatan dokter.

Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab batuk terus menerus, seperti:

1. ASMA

Asma terjadi ketika saluran pernapasan sensitif terhadap udara dingin, iritan yang terdapat di udara, atau olahraga berlebihan. Infeksi saluran pernapasan ini juga bisa menyebabkan Anda sesak napas, terutama di malam hari..

Jika Anda terus berdekatan dengan pemicu asma, tak menutup kemungkinan Anda pun mengalami batuk yang tak kunjung sembuh. Selain itu, ada ula jenis asma yang gejalanya hanya batuk terus menerus.

2. BRONKITIS

Bronkitis juga bisa menjadi penyebab batuk berdahak yang tidak kunjung sembuh. Alasannya, karena terjadi pembengkakan di saluran bronkial, sehingga terjadi peningkatan produksi lendir.

Gejalanya berupa batuk terus menerus yang menghasilkan lendir, sesak napas, hingga mengi saat bernapas.

3. Gastroesophageal reflux disease (GERD)

Baca Juga:7 Manfaat Kentang Bagi Ibu Hamil5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Tanpa Keluar Biaya Banyak

GERD terjadi ketika asam lambung naik ke tenggorokan, sehingga menyebabkan iritasi kronis yang mengarah pada batuk tak kunjung sembuh. Kondisi ini dapat menimbulkan gejala lain, seperti heartburn, mulut terasa pahit, atau mual.

Tak hanya itu saja, batuk kronis juga bisa memperburuk kondisi GERD Anda.

4. EFEK PENYAKIT INFEKSI

Tahukah Anda kalau batuk dapat bertahan lama serta tak kunjung sembuh setelah gejala pada kondisi pneumonia, flu, pilek, atau infeksi saluran pernapasan atas hilang?

0 Komentar