Disnaker Sumedang Berupaya Turunkan Angka Pengangguran

Disnaker Berupaya Turunkan Angka Pengangguran
Kasubag Umum Disnaker Erni Haerani saat ditemui di tempat kerjanya (MOCHAMAD WILDAN YUNADI/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Angka pengangguran, khususnya di daerah Sumedang, akan bertambah setelah kelulusan anak sekolah.

Tak tinggal diam, Disnaker Sumedang akan memberikan motivasi dan bimbingan untuk para pelajar yang lulus agar menjadi anak muda yang berpenghasilan.

Hal ini dikatakan Kasubag Umum Disnaker Kabupaten Sumedang Erni Haerani kepada Sumeks, Selasa (5/7).

Baca Juga:SMK Logistik Gratiskan Uang BangunanSumedang akan Bangun Museum Fosil, Bisa Jadi Daya Tarik Edukasi

Menurutnya, antisipasi yang dilakukan misalnya dengan memberikan motivasi kepada siswa atau pemuda yang baru selesai ujian untuk mau berwirausaha sendiri.

“Jikalau si siswa yang baru lulus itu mau berwirausaha sendiri, maka dia tidak akan pusing kalau susah mencari pekerjaan,” ujar Erni.

Dikatakan, setelah diberikannya motivasi maka para siswa yang baru lulus itu akan dibimbing melalui instansi atau pun melalui pelatihan swasta di Sumedang.

“Seperti UPT BLK kan banyak juga masyarakat yang sekarang mengikuti pelatihan wirausaha yang ada di tempat tersebut,” katanya.

Dijelaskan, pelatihan itu untuk membekali siswa yang baru lulus agar memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk berwirausaha dengan sendiri.

“Seperti halnya misalkan diberikan keterampilan untuk berwirausaha seperti bisa menjual masakan sendiri atau pun menjahit pakaian,” katanya.

Menurutnya, saat ini di BLK sedang ada beberapa paket pelatihan yang akan mampu membekali para pengangguran atau pun para siswa yang baru lulus untuk mandiri dan memiliki keterampilan berusaha.

Baca Juga:Rakerda, Ajang Partai Golkar Sumedang Launching Caleg Partai Demokrat Sumedang Siapkan Hadapi Pemilu 2024

“Sekarang di BLK lagi ada banyak paket pelatihan, jadi bisa langsung menghubungi pihak BLK untuk mengikuti pelatihan. Jika sudah bisa berwirausaha sendiri otomatis para penganggur memiliki penghasilan sendiri,” jelasnya. (wly)

0 Komentar