Ratusan Petani Ikan Bersihkan Jatigede

Ratusan Petani Ikan Bersihkan Jatigede
Camat Wado H. Sutisna SPd MSi bersemangat turut membantu membersihkan sampah di Waduk Jatigede, baru-baru ini (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, WADO – Ratusan petani ikan membersihkan sampah di areal waduk Jatigede wilayah Kecamatan Wado.

Sebagai bentuk kepedulian petani terhadap kelestarian air Waduk Jatigede, masyarakat berupaya membersihkan tumpukan sampah yang ada di perairan Waduk kawasan Kecamatan Wado.

Ratusan petani yang terdiri dari 7 kelompok yang ada di Kecamatan Darmaraja-Wado, bekerjasama dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), Cimanuk Cisanggarung dan pemerintah daerah Kabupaten Sumedang, bergerak membersihkan sampah mulai dari wilayah Wado. Selanjutnya, akan jadi agenda rutin keliling Waduk yang jadi tempat penumpukan sampah.

Baca Juga:Pemerintahan Desa Berikan Layanan Terbaik Buat MasyarakatFosil Kura-kura Purba Terbelah Jadi Enam

“Ini awal kegiatan kita sebagai petani ikan, untuk selanjutnya kita akan jadikan agenda rutin keliling oprasi bersih di pesisir Waduk,” kata Ketua Paguyuban Wisata Napak Banyu Jatigede, Utis Sutisna kepada Sumeks, Sabtu (9/7).

Dalam hal ini, pihaknya berharap dengan bersihnya Jatigede dari sampah, bisa menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Jatigede. Selain itu, meminimalisir virus yang bisa menyebabkan berbagai penyakit pada ikan.

“Ikan juga akan sehat kalau air waduknya bersih dari sampah. Jadi resiko kematian pada ikan akan berkurang,” katanya.

Utis menambahkan, dengan adanya peran serta dari petani ikan, kawasan Waduk Jatigede tidak akan diklaim sebagai lautan sampah.

“Sinergitas petani, BBWS dan Pemkab, bisa menjaga kelestarian air Waduk,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Wado H. Sutisna SPd MSi menyebutkan, pihaknya sangat mengapresiasi terhadap kegiatan bakti sosial pembersihan sampah di kawasan peraiaran Waduk Jatigede wilayah Wado. Diharapkan upaya dari petani ikan waduk tersebut menjadi motivasi bagi masyarakat lainnya untuk ikut menjaga kelestarian air waduk dengan cara membebaskan sampah dari waduk ini.

“Alhamdulilah, partisipasi dari petani ikan bisa membebaskan areal Wado dari sampah, “katanya.

Baca Juga:Membangun Desa Melalui Budaya LiterasiASEAN Para Games 2022 Resmi Dibuka

Terbawa suasana semangat para petani, Camat Wado pun ikut turun langsung memungut sampah dan mengangkat sampah ke atas mobil. (eri)

0 Komentar