MPLS, Kenalkan Siswa Baru Pada Lingkungannya

MPLS, Kenalkan Siswa Baru Pada Lingkungannya
Kepala Sekolah SMAN Jatinangor Uus Usman SPd MSi didampingi Wakasek Kesiswaan Hj Tuti Hasanah SPd saat menjadi pemateri pada kegiatan MPLS hari pertama (ENGKOS KOSWARA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, JATINANGOR – Wakasek Bidang Kehumasan SMAN Jatinangor Asep Suhayat MPd mengatakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan kegiatan untuk siswa baru supaya dapat beradaptasi dengan sekolah baru.

“Sekolah memfasilitasi dengan baik, tidak ada kekerasan maupun penekanan batin, siswa dibimbing dengan sebaik-baiknya,” kata Asep di sela kesibukan kegiatan MPLS, Senin (18/7).

Ia menjelaskan pelaksanaan berlangsung selama tiga hari, mulai Senin-Rabu (18-20/7). Untuk siswa baru diberikan materi tentang penguatan pendidikan karakter, nasionalisme, peningkatan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa, tata tertib sekolah dan budaya sekolah.

Baca Juga:CPNS dan PPPK Jangan LembekPembayaran Pajak Tidak Terkendala Pembangunan Tol

“Instruktur guru sekolah, kakak kelas hanya membawa alat, hanya sekedar membantu, semua kegiatan tanggung jawab guru,” katanya.

“Untuk pengawasan selama MPLS tahun 2022 ini di SMAN Jatinangor, jika terjadi persoalan bisa segera diselesaikan di tingkat sekolah. Harapannya tidak ada persoalan selama MPLS ini berjalan,” katanya.

MPLS di SMAN Jatinangor diikuti sebanyak 432 siswa baru. Hari pertama ini penekanannya bagaimana penguatan pendidikan karakter di sekolah.

“Kami berikan pendidikan karakter dengan menanamkan lima nilai. Yakni, religius, nasionalis, mandiri, intergritas dan gotong-royong. Termasuk juga penangulangan bahaya narkoba, kami berikan materi,” katanya.

Dijelaskan, siswa baru juga dididik mengenali nama gurunya, teman barunya dan tata tertib sekolah. Dari pengamatan, setiap peserta MPLS dikalungkan nama panggilan berukuran besar, dengan maksud teman baru mudah memanggil dan mengenalnya.

Sedangkan untuk siswi, berpakaian rapih seperti biasanya dengan pita merah putih. Saat dikumpulkan di aula sekolah tersebut, semua peserta diberikan materi oleh kepala sekolah dan terlihat senang mengikutinya.

“Sebagai pendamping siswa baru, ada 5 sampai 3 orang kakak kelas. Jika ada masalah langsung diselesaikan dengan baik,” jelasnya.

Baca Juga:Cimanuk Meluap, Pengunjung Urung BerwisataTidak Tahu Ada Kenaikan Harga Gas, Warga Terpaksa Tetap Beli

Dikatakan, untuk tugas yang akan diberikan kepada siswa baru yang mengikuti MPLS diiformasikan dari awal kegiatan, jadi tidak secara mendadak.

“Intinya MPLS ini diisi dengan kegiatan pengenalan lingkungan selama tiga hari. Dilanjutkan dengan orientasi kepramukaan tiga hari jadi total enam hari,” jelasnya.

0 Komentar