Puskesmas Rancakalong Lakukan Screening Gratis, Deteksi Dini Faktor Resiko Penyakit

PKM Rancakalong Lakukan Screening Gratis, Deteksi Dini Faktor Resiko Penyakit
Dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 77, UPTD Puskesmas Rancakalong melakukan kegiatan Deteksi Dini Faktor Resiko Penyakit Tidak Menular (ENGKOS KOSWARA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, RANCAKALONG – Dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 77, UPTD Puskesmas Rancakalong melakukan kegiatan Deteksi Dini Faktor Resiko Penyakit Tidak Menular (DFRPTM) di lingkungan Pemerintah Kecamatan Rancakalong. Khususnya, peserta upacara bendera dan masyarakat umum lainya.

Selain itu, juga melayani vaksinasi Covid-19. Terutama, vaksinasi booster bagi seluruh masyarakat yang belum tervaksinasi.

Kepala UPTD Puskesmas Rancakalong Yayat Nur hidayat. SKM mengatakan, kegiatan pemeriksaan gratis ini berlangsung di lapang upacara Panenjoan Desa Pasirbiru, Kecamatan Rancakalong.

Baca Juga:SMKN 1 Sumedang Gelar Expo Nesas Open House 2022Ute: Maknai Proklamasi Hapuskan Diskiriminasi

Sedangkan, lanjut dia, kegiatan yang dilaksanakan meliputi pemeriksaan pelayanan kesehatan usia produktif pada masyarakat dengan sasaran Usia 15-59 tahun dalam kurun waktu 1 kali dalam setahun.

Pelayanan pemeriksaan itu meliputi pengukuran Tinggi Badan, Berat Badan, Lingkar Perut dan Tekanan Darah, Pemeriksaan Kadar Gula Darah.

“Sasarannya adalah masyarakat umum dan peserta upacara bendera HUT RI ke 77 yang ada di lapangan tersebut secara gratis dan vaksinasi Covid 19 khususnya booster,” terangnya.

Ia menjelaskan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan cakupan vaksinasi dan deteksi dini penyakit tidak menular. Dalam kegiatan ini animo masyarakat sangat antusias

“Selain itu dalam rangka pencegahan dan pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM),” jelasnya.

Dia berharap hasil kegiatan ini dapat mencegah terjadinya kasus PTM dan bila ternyata ditemukan faktor resiko PTM dapat dilakukan penatalaksanaan lebih dini. Baik penatalaksanaan medis berupa rujukan ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama maupun penatalaksanaan non medis lainnya.

Salah satu warga yang datang ke stan palayanan pemeriksaan gratis bernama Darman, 41 mengaku merasa terbantu dan mengetahui hasil gula darahnya saat itu juga.

Baca Juga:Ketua PA Sumedang Jamin Bersihnya PersidanganAparat Desa Pahami Tugas dan Amanah, Dalam Kelola Keuangan dan Aset

“Alhamdulillah saya bisa mengetahui secara langsung gula darah saya dan mendapat penjelasan dari petugas medis yang ada stan pelayanan kesehatan gratis ini,” tuturnya. (kos)

0 Komentar