Bakar Sampah, Kebun Bambu Ikut Terbakar

Bakar Sampah, Kebun Bambu Ikut Terbakar
Bakar Sampah, Kebun Bambu Ikut Terbakar
0 Komentar

sumedang, TANJUNGSARI– Bermaksud membakar sampah, kebun milik Suryana,70 seluas 150 meter persegi di Dusun Gordah RT 004 RW 003 Desa Raharja Kecamatan Tanjungsari ludes terbakar. Sabtu (20/8).

“Penyebab kebakaran itu diperkirakan akibat ada salah seorang warga setempat membakar sampah kering yang berserakan di bawah pohon. Namun tidak diawasi,” kata Kepala Regu 2 Jaya UPTD Damkar Wilayah Tanjungsari, Abdurahim kepada Sumeks di lokasi kejadian.

Sebelumnya, kata dia, sejumlah warga sudah berupaya melakukan pemadaman api, dengan cara menimbun pusat api dengan tanah dan pasir.

Baca Juga:Hari Indonesia Menabung: Tingkatkan Literasi Keuangan Para PelajarMemberdayakan Tanah Kas Desa

“Hanya saja, hal itu tidak cukup efektif sehingga warga meminta bantuan kepada Damkar Tanjungsari sekitar pukul 18.30 WIB,”

Untuk menanggulangi agar kebakaran tidak meluas sampai kepemukiman, mobil Damkar langsung diturunkan untuk melakukan pemadaman.

“Api berhasil dipadamkan sehingga kebakaran tidak merambat ke lokasi yang lain,” ujarnya.

Dia mengimbau, masyarakat khususnya yang tinggal di dekat kawasan hutan atau perkebunan, agar berhati – hati saat membakar sampah ataupun membuang putung rokok sembarangan untuk menghindari terjadi kebakaran.

“Selain banyak dedaunan kering, terik matahari juga membuat api cepat merembet. Sebaiknya berhati-hati jika membakar sampah diperkebunan jangan sampai ditinggalkan,”tuturnya. (kos)

0 Komentar