Tim SAR Cari Delapan Korban Kecelakaan Kapal

Tim SAR Cari Delapan ABK
Kesiapsiagaan personel Kantor SAR Bandung dan personel Unit Siaga SAR Karawang untuk melakukan pencarian 8 ABK yang hilang (ist)
0 Komentar

sumedang, CIMANGGUNG – Petugas operator komunikasi Kantor SAR Bandung menerima laporan dari Kantor SAR Jakarta terkait kecelakaan kapal yang terjadi pada Kamis (25/8) pukul 22.00.

Diiformasikan, KM Sida Rahayu 3 GT 30  terbalik di Perairan laut Jawa dengan koordinat  05 17’161″ S 107 48‘498″E dan mengakibatkan 8 dari 14 ABK hilang pasca kecelakaan kapal tersebut.

Berdasarkan laporan yang diterima, Kapal Cumi KM Sida Rahayu 3 dengan 14 POB (Person On Board) berangkat melaut dari Pelabuhan Muara Angke pada Selasa (23/8) tujuan laut Jawa.

Baca Juga:CYCLING DE JABAR 2022 Vaksinasi di Ciletuh Melebihi Target SasaranSARLING JABAR, Uu Ruzhanul: OPOP Stimulus Pesantren Kembangkan Usaha

Pada Jumat (26/8) pukul 08.45, TB Mitra Pulau yang sedang berlayar dari Sukamara menuju Marunda melihat KM Sida Rahayu 3 dalam kondisi terbalik. Selanjutnya, TB Mitra Pulau melakukan penyelamatan terhadap 6 ABK dan dievakuasi ke Pelabuhan Marunda, sedangkan 8 ABK lainnya masih dalam pencarian.

Atas laporan yang diterimanya Kepala Kantor SAR Bandung, Jumaril SE MM memerintahkan pengerahan alut dan personel dari kapal Basarnas KN 206 Bandung beserta crew.

“Personel Kantor SAR Bandung, Personel Unit Siaga SAR Karawang serta secara intens melakukan koordinasi dengan BCC (Basarnas Command Center), Kantor SAR Jakarta, SROP Tj. Priok, VTS Tj. Priok, KSOP Patimban dan VTS Cirebon,” terangnya.

Selain itu, Kantor SAR Bandung berkoordinasi dengan Kantor SAR Jakarta terkait pengerahan Alut dari Kantor SAR Jakarta untuk melakukan pencarian POB yang belum ditemukan.

“Kita sudah meminta bantuan Kantor SAR Jakarta untuk mengerahkan KN SAR Wisnu dan RIB Jakarta karena memang lokasi kejadian lebih dekat dari posisi standby ALUT Jakarta”, pungkas Jumaril.

Akibat kecelakaan itu ada 6 orang dinyatakan selamat. Sedangkan dalam pencarian perugas ada 8 orang.

Sedangkan pada hari kedua pencarian terhadap 8 Anak Buah Kapal KM Sida Rahayu 3 GT 30 yang hilang pasca kapalnya terbalik di Perairan Jawa terus diupayakan Tim SAR Gabungan.

Baca Juga:Forum Ustadz dan Santri Purwakarta Gelar Deklarasi Airlangga Hartarto Capres 2024Lepas 100 Pesepeda, Ridwan Kamil: Komitmen Pemdaprov Jabar Pulihkan Ekonomi Pascapandemi

Pada Sabtu malam (27/8) pukul 22.50, KN SAR Wisnu bergerak menuju LKP (Last Known Position) untuk melakukan pencarian korban. Pihak Basarnas Bandung juga telah mendirikan Keposkoan SAR di Tanjung Sedari Karawang.

“Rencana pencarian hari kedua KN SAR Wisnu dan RIB 03 Jakarta akan melakukan penyapuan sesuai dengan SAR Map Prediction yaitu mengarah ke barat karna berdasarkan SAR Map Prediction sebaran korban diprediksi menuju ke arah barat.,” terang Jumaril  selaku SMC (SAR Mission Coordinator)

0 Komentar