Puluhan Siswa TK Ikuti Antisipasi Pencegahan Kebakaran

Puluhan Siswa TK Ikuti Antisipasi Pencegahan Kebakaran
Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) UPTD Wilayah Tanjungsari menggelar sosialisasi terkait tugas pokok dan fungsi pemadam kebakaran dan penanganan kebakaran secara umum kepada murid Raudhatul Athfal (RA) Persis (ENGKOS KOSWARA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, TANJUNGSARI – Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) UPTD Wilayah Tanjungsari menggelar sosialisasi terkait tugas pokok dan fungsi pemadam kebakaran dan penanganan kebakaran secara umum kepada murid Raudhatul Athfal (RA) Persis di Dusun Sarongge RT 04 RW 04 Desa/Kecamatan Pamulihan.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangka memperkenalkan sejak dini bahaya dan cara penanganan kebakaran.

Kepala Damkar UPTD Wilayah Tanjungsari Yudi selaku pemateri menjelaskan tugas dan tanggung jawab pemadam kebakaran bukan hanya memadamkan api, tetapi juga mengevakuasi binatang buas. Seperti sarang tawon, ular dan binatang lainnya.

Baca Juga:Kisah Bidan Honorer Berdampingan dengan Paraji, SICANTIK Kawal Ibu Hamil Hingga Melahirkan di AmbulansRutilahu Jatinunggal Perlu Bantuan

“Mengevakuasi pohon tumbang, pencarian orang hilang dan penanganan kebencanaan skala kecil itu juga tugas kami,” imbuhnya kepada Sumeks, baru-baru ini.

Bahkan, kata dia, untuk pengenalan lebih spesifik tentang Pemadam Kebakaran, juga disimulasikan penjelasan tentang api dan peralatan yang digunakan saat memadamkan api. Sedangkan Tim Pelaksana qdalah Regu 2 Brama UPTD Wilayah Tanjungsari yang beranggotakan 9 orang

Ia menjelaskan sesuai dengan surat edaran Bupati Nomor B/5005/PEM.05.04/VII/2022, Perihal kelengkapan sistem proteksi kebakaran gedung, dan bangunan pemirintahan di Kabupaten Sumedang.

Kata Yudi, dengan adanya surat edaran tersebut UPTD Wilayah Tanjungsari melaksanakan kegiatan sosialisasi dan menghimbau kelengkapan sistem proteksi kebakaran pada bangunan sekolah tersebut.

Menurutnya, pengendalian dan pencegahan merupakan tugas dan tanggung jawab pemadam kebakaran bukan hanya memadamkan api, tetapi juga salah satunya melaksanakan sosialisasi, edukasi dan pencegahan dini terjadinya bencana kebakaran.

“Kami memberikan penjelasan agar mengenal secara langsung macam-macam alat-alat berat, ringan, mesin, kendaraan, cara-cara dan pekerjaan mulai dari tugas dan fungsinya serta tim reaksi cepat yang digunakan untuk mendukung kelancaran tugas dan pekerjaannya itu,” tuturnya.

Pihaknya mengimbau agar masyarakat selalu waspada dengan api, cek secara berkala rumah yang aliran listriknya tidak layak lagi digunakan, dan apabila terjadi kebakaran segera menghubungi pemadam kebakaran via telepon atau langsung datang ke Mako Damkar UPTD Tanjungsari.

Baca Juga:BPN Sumedang Sayangkan Adanya Ekspresi Berlebihan, Seyogyanya Dilakukan Secara Baik-baikPeringati Hari Jadinya yang ke 39, Momen Majukan Desa Jatisari 

“Pelapor harus memberikan alamat tempat kejadian dengan jelas dan benar, kami akan segera ke lokasi,” tukasnya. (kos)

0 Komentar