Ampas Singkong Banyak Dicari Peternak

Ampas Singkong Banyak Dicari Peternak
Dua orang pekerja tengah menjemur aci singkong di kawasan Cibugel (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, DARMARAJA – Ampas singkong pakan paling epektif untuk nutrisi tambahan ternak pada musim hujan.

Musim penghujan biasanya peternak terkendala oleh kualitas pakan yang kurang bagus. Pasalnya, peternak sering kali harus memberikan rumput muda atau basah karena hujan.

Salah satu peternak domba di Darmaraja, Ajat menyebutkan, saat hujan turun dari mulai pagi hari, sudah pasti rumput di kebun kondisinya basah. Peternak biasanya terpaksa memberi pakan ternaknya dengan rumput basah. Padahal, hal itu kurang baik untuk hewan ternak.

Baca Juga:Dalduk Berikan Konseling Pranikah ke Calon PengantinAnggaran Kekhususan KPJ Belum Terealisasikan

“Kalau musim hujan kita sering kesulitan mendapat rumput yang kualitasnya bagus. Apalagi kalau hujan turun dari pagi hari,” katanya kepada Sumeks, Senin (10/10).

Solusinya, kata dia, peternak menambahkan nutrisi lain selain rumput. Selain vitamin biasanya peternak memberikan pakan tambahan lain seperti dedak atau ampas.

Ajat menyebutkan, ampas singkong pakan tambahan paling epektif untuk menambah nutrisi ternak.

“Ampas singkong salah satu pakan tambaha. Dengan adanya pemberian ampas, maka kondisi ternak akan terjaga,” katanya.

Selain itu, ampas singkong bisa didapati di kawasan pegunungan seperti Cibugel dan Sukajadi. Ampas singkong biasanya dijual dengan harga 5000 per kilogram sudah dalam kondisi kering.

“Kita bisa dapat ampas singkong yang sudah kering di wilayah Cibugel atau di pabrik-pabrik aci. Tetapi untuk sekarang sudah banyak ampas yang di ambil pengepul dengan jumlah banyak (dikontrak),” kata dia.

Selain itu, ampas tahu juga jadi salah satu alternatif peternak untuk menjaga kualitas ternaknya. Namun, para peternak harus berebut ampas tahu dengan peternak lainnya. Sebab, saat ini banyak peternak yang menggunakan cara itu.

Baca Juga:Ciputrawangi Sajikan Pemandangan AsriCuaca Ekstrim Ancam Ternak Warga

“Ampas tahu paling banyak, digunakan, makanya kita harus pagi-pagi buta membeli ampas tahu ke pabriknya,” jelasnya.

Menurutnya, ampas tahu memang lebih banyak digunakan peternak sebagai tambahan pakan, apalagi pada masa-masa musim hujan atau pada saat rumput sulit dicari.

“Kalau untuk ampas tahu banyak digunakan tapi kita harus berebut, beda dengan ampas singkong, biasanya jarang ada yang memakai, tapi tidak bisa dibilang mudah di dapat, karena banyak pabrik aci yang sudah kontrak dengan pengepul ampasnya,” tuturnya. (eri)

0 Komentar