SMPN 2 Jatinangor Wakili Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi Jawa Barat

SMPN 2 Jatinangor Wakili Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi
Beberapa siswa dan guru membuat mural dinding sekolah di SMPN 2 Jatinangor (ENGKOS KOSWARA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, JATINANGOR – SMPN 2 Jatinangor Kabupaten Sumedang mewakili sekolah Adiwiyata (Sekolah Cinta Lingkungan) tingkat Propinsi Jawa Barat.

Ketua Adiwiyata Nujurul Kur’ aeni SPd mengatakan program yang sudah ada yakni pemanfaatan limbah plastik, penghijauan sekolah, pembuatan pupuk, lomba kebersihan kelas dan pembuatan mural dinding sekolah.

Dalam mendukung kegiatan itu, tentunya ada kebijakan-kebijakan sekolah yang berwawasan lingkungan. Di antaranya, paper les, pengendalian sampah plastik, dan 3R (reduce, reuse, recycle).

Baca Juga:HUT TNI, Ajak Masyarakat Rasakan KebahagiaanRancamulya Salurkan BLT BBM

Selain itu, program-program sekolah yang berwawasan lingkungan. Diantaranya, bank sampah (recycle lab), penghijauan, pemanfaatan limbah plastik, adanya fasilitas ruang terbuka hijau serta sanitasi yang lengkap dan bersih, pembuatan pupuk, lomba kebersihan kelas serta pembuatan murah di dinding sekolah.

“Alhamdulillah, kerja keras seluruh civitas sekolah termasuk dukungan para orangtua siswa,” ucapnya kepada Sumeks, Senin (31/10).

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 2 Jatinangor Dr H Kusmayadi MMPd didampingi Humas Agus Imron Rosadi SPd sangat mendukung Adiwiyata yang kaitanya dengan lingkungan. Hal itu mendefinisikan anak sesuai visa misi sekolah yang berhubungan dengan cinta alam dan sekitarnya

“Anak Jadi cinta kebersihan, dengan kegiatan Adiwiyata dan semua dilibatkan termasuk tanaman yang tanam dilingkungan sekolah yakni tanaman ramah anak,” ucapnya.

Menurutnya, SMPN 2 Jatinangor layak dijadikan sebagai tempat belajar yang baik dan berbasis lingkungan. Sehingga, layak mendapat penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata.

Penghargaan sekolah Adiwiyata juga menjadi salah satu kebanggaan tersendiri sebagai langkah peningkatan kualitas pendidikan.

Dari beberapa fasilitas yang disediakan untuk mendukung Program Sekolah Adiwiyata diantaranya adalah Kantin Sehat, Fasilitas Daur Ulang Sampah, Makanan Sehat dan beberapa fasilitas lainnya.

Baca Juga:Keberadaan BUMD Harus Dirasakan PetaniRekening SKPD Harus Seragam

“Salah satu penilaian Sekolah Adiwiyata adalah kantin sehat yang bebas dari makanan yang mengandung zat aditif, bebas plastik, dan bebas dari sampah, lingkungan yang rindang sehingga sekolah menjadi tempat belajar yang nyaman, aman,” paparnya. (kos)

0 Komentar