Tarunajaya Anjurkan Manfaatkan Lahan Kosong

Tarunajaya Anjurkan Manfaatkan Lahan Kosong
Kades Tarunajaya Endas Jauharudin memberikan contoh menanami lahan kas desa dengan pohon mangga, baru-baru ini (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, DARMARAJA – Pemerintah Desa Tarunajaya Kecamatan Darmaraja meminta warganya manfaatkan lahan kosong dengan tanaman yang bermanfaat. Masuk musim hujan, merupakan momen yang tepat untuk melakukan kegiatan penanaman.

Kepala Desa Tarunajaya, Endas Jauharudin menyebutkan, sebaiknya warga memanfaatkan lahan kosong dengan tanaman pangan yang bisa menunjang perekonomian, baik itu jangka panjang atau pendek.

“Ini sudah masuk kepada momen yang tepat untuk lakukan penanaman. Kita berharap warga kreatif memanfaatkan lahan kosongnya untuk ditanami tanaman buah atau tanaman pangan lainnya,” kata dia, baru-baru ini.

Baca Juga:Pemotor Tewas Terlindas TrukDe Grote Postwag, Linggis Tak Mampu Tembus Batuan

Dalam hal ini, pemdes juga mengimbau agar warga bisa menyesuaikan lokasi penanaman. Untuk tanaman keras tidak dianjurkan ditanam ditengah pemukiman. Hal itu bisa membahayakan penduduk sekitar.

“Untuk penanamannya juga perlu kajian. Jadi jangan sampai tanaman keras yang berpotensi jadi pohon raksasa ditanam di tengah pemukiman, itu bisa membahayakan penduduk disekitar pohon tersebut,” katanya

Dia menyarankan, untuk di pemukiman disarankan ada upaya masyarakat menanam pohon buah kolasi yang pohonnya kecil tapi buahnya lebat. Seperti rambutan, mangga, lengkeng dan yang lainnya.

“Saya berharap masyarakat cerdas dalam melakukan penanaman,” katanya

Endas menuturka , semakin banyak tanaman yang tumbuh bisa jadi salah satu upaya untuk melandaikan pemanasan gelobal.

“Kalau banyak pohon, pemanasan global juga akan reda, jadi kita mulai dari hal kecil dulu,” ucapnya. (eri)

0 Komentar