Fapet Unpad Perkenalkan Hewan Ternak

Fapet Unpad Perkenalkan Hewan Ternak
Siswa TKIT Alam Ash Shofwah melakukan foto bersama di Laboratorium Produksi Ternak dan Laborium Produksi Potong Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran (Fapet Unpad) (ENGKOS KOSWARA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, JATINANGOR – Senyum keceriaan kepuasan dari para siswa TKIT Alam Ash Sofwah terlihat jelas dari cara mereka berinteraksi dan mencoba sesuatu yang baru.

Keceriaan itu nampak saat mengadakan kunjungan pembelajaran ke Laboratorium Produksi Ternak dan Laborium Produksi Potong Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran (Fapet Unpad) dalam rangka peningkatan pengetahuan dan wawasan.

Kepala Sekolah TKIT Alam Ash Shofwah Ricka Marcyana SP SPd mengatakan kegiatan diikuti 46  peserta siswa, yang didampingi kepala sekolah beserta para guru-guru dan wali murid.

Baca Juga:Implementasi Aplikasi Jampe Harupat dan Simpai Arum Harus DijalankanKota Kaler Salurkan 1079 BLT BBM

Kegiatan di luar ruang tersebut merupakan agenda rutin di TKIT Alam Ash Shofwah. Tujuannya, agar anak-anak bisa belajar langsung di lingkungan dan mengenal akan hewan ternak.

Menurutnya, Fapet Unpad dipilih sebagai tujuan kunjungan karena dekat lokasinya. Anak-anak dapat berinteraksi dengan hewan ternak sekaligus dapat mengetahui asal muasal susu yang mereka konsumsi.

Selain itu, bisa mencicipi produk olahan susu atau yoghurt dan adanya demonstrasi untuk kegiatan penelitian peternakan. Sehingga, diharapkan siswa-siswi bisa belajar lebih efektif dengan melihat secara langsung materi pelajaran yang selama ini hanya dipelajari lewat buku dan gambar.

Dia berharap kunjungan ke kandang hewan ternak Fakultas Peternakan ini dapat menambah wawasan siswa-siswi mengenal ternak yang selama ini sudah jarang mereka temui dilingkungan mereka khususnya dikota besar.

Acara diawali dengan penerimaan dari Mahasiswa dan Asisten Laboratorium  dan dilanjutkan dengan mengelilingi kandang ternak.

Pihak sekolah banyak mengucapkan terima kasih kepada Fakultas Peternakan karena kegiatan tersebut dapat  memotivasi para siswanya yang ingin tahu lebih banyak tentang hewan ternak.

“Manfaatnya, juga produk apa saja yang  bisa di hasilkan dari susu dan sesuai dengan tema pembelajaran kali ini yaitu makhluk ciptaan Allah, anak-anak berinteraksi langsung dg hewan-hewan  ternak ciptaan Allah,” tuturnya.

Baca Juga:Korsleting Listrik, Dua Rumah Hangus TerbakarAnak Jalanan Tewas Terlindas Tronton

Para siswa diarahkan ke kandang sapi perah, kandang domba dan kandang kelinci untuk diperkenalkan berbagai jenis hewan ternak yang dihasilkan oleh hewan ternak berupa susu sapi.

Di kandang ternak mereka diperkenalkan jenis ternak yang ada seperti sapi perah, kambing dan kelinci. Siswa memperkenalkan pakan ternak seperti turi, gamal dan beberapa jenis rumput,  juga dilibatkan dalam pemberian pakan, mulai dari memotong pakan pada batang pohon kemudian memberikan langsung pakan pada ternak.

0 Komentar