Prodi PGSD Penjas UPI Sumedang Terakreditasi Unggul

Prodi PGSD Penjas UPI Sumedang Terakreditasi Unggul
Ketua Prodi PGSD Penjas Prof Dr H Ayi Suherman MPd saat ditemui Sumeks di kantornya, Senin (7/11) (ACHMAD SOFA/SUMEKS)
0 Komentar

 

Ayi berharap, keunggulan ini membawa harum nama baik Prodi PGSD Penjas UPI Kampus Sumedang secara Lembaga dan juga UPI itu sendiri. Karena UPI telah memproklamirkan diri karena UPI secara Kelembagaan sudah memiliki Akreditasi Unggul, maka Prodi-prodi yang di bawahnya juga harus berusaha untuk memperoleh  Akreditasi yang Unggul juga. Sehingga, untuk level Kampus Daerah (Kamda) ini sebuah kebanggaan.

“Karena kita baru dalam sejarah, setelah kita berdiri sekitar tahun 2004, sekitar hampir 20 tahun baru kita bisa mencapai Akreditasi Unggul. Dan, yang menjadi kelebihan bagi Prodi yang memiliki Akreditasi unggul. Pertama, adalah lulusannya jadi lulusannya itu betul-betul menjadi harga diri,  karena status lulusan itu ketika ada Lembaga atau Prodi yang memiliki Akreditasi Unggul itu nantinya dimana pun diterima sebagai persyaratan sebuah Prodi yang memiliki keunggulan,” jelasnya.

Jadi, apapun yang dituju oleh lulusan menjadi persyaratan bukan diterimanya, tapi menjadi persyaratan bisa melamar ke berbagai level pekerjaan. Itu kelebihan yang paling utama bagi lulusan, seperti untuk lulusan dari Prodi PGSD Penjas sebagai lulusan yang diinginkan.

Baca Juga:Jabar Raih Penghargaan ‘Jabar Provinsi Investor Syariah’Pemda Provinsi Luncurkan Pion Jabar

“Sekarangkan tidak hanya berdasarkan kepada Indeks Prestasi Mahasiswa atau IPK, IPK 3,5 ke atas, seperti yang mendekati cumlaude yaitu 3,5 ke atas sampai 4.0, tetapi juga didukung oleh Prodi yang memiliki Akreditasi. Ketika akreditasi Prodi itu hanya B apalagi C, itu akan sulit mendapat sebuah pekerjaan. Kenapa? Karena tidak semua Intansi menerima persyaratan lulusan dari yang akreditasinya B apalagi yang C. Nantinya lulusanya agak kesulitan kalau melamar atau pekerjaan,” paparnya.

“Jadi bagi kita yang paling dominan itu kelebihan dari Akreditasi itu bagi lulusan nanti yang dituju oleh output mahasiswa. Karena pada umumnya setiap mahasiswa ingin lembaganya atau Prodinya memiliki Akreditasi yang unggul. Sebab, akan mudah untuk melamar sebuah pekerjaan dimanapun, dan level tingkatan Intansi yang dituju oleh masing-masing lulusan,” katanya

Dia mengatakan, bagi lembaga itu sendiri merupakan sebuah kehormatan. Sebuah penghargaan di mana UPI itu seluruhnya memiliki Akreditasi. Artinya, UPI sendiri memiliki Akreditasi yang unggul lembaganya, maka di bawahnya baik untuk Prodi PGSD Penjas  ataupun yang lainnya memiliki Akreditasi unggul pula. Jadi sangat kontras kalau Akreditasi lembaganya A kalau Prodinya C, misalnya itu sangat kontras.

0 Komentar