Prodi PGSD Penjas UPI Sumedang Terakreditasi Unggul

Prodi PGSD Penjas UPI Sumedang Terakreditasi Unggul
Ketua Prodi PGSD Penjas Prof Dr H Ayi Suherman MPd saat ditemui Sumeks di kantornya, Senin (7/11) (ACHMAD SOFA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Berdasarkan Surat Keputusan Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (Lamdik) Nomor 596/SK/ Lamdik/Ak/S/XI/2022 yang terbit di Jakarta pada tanggal 4 Nopember 2022, status peringkat Akreditasi Program studi (Prodi) Pendidikan Jasmani  (Penjas) UPI Kampus Sumedang program Sarjana, Terakreditasi Unggul dengan nilai 361.

Hal ini disampaikan Ketua Prodi PGSD Penjas UPI Kampus Sumedang Prof Dr H Ayi Suherman MPd kepada Sumeks, Senin (7/11).

“Prodi PGSD Penjas sekarang sudah mendapatkan hasil akreditasi Unggul. Pelaksanaan akreditasi itu tanggal 20 dan 21 Oktober 2022 yang dilaksanakan oleh asesor dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan yaitu prof DR Dr BM Wara Kushartini MS dari UNY Jogja dan Dr Eva Yulianti SE MSc dari UNY,” katanya.

Baca Juga:Jabar Raih Penghargaan ‘Jabar Provinsi Investor Syariah’Pemda Provinsi Luncurkan Pion Jabar

Ayi menuturkan, hasil akreditasi PGSD Penjas Unggul, memang berbeda dengan Prodi yang lain, baik itu dengan Prodi PGSD ataupun Prodi Keperawatan. Karena, akreditasinya melalui daring yang dikenal dengan Assessment Lapangan Daring (ALD).

Dikatakan, seluruh akreditasi yang dijalankan itu melalui komunikasi, baik itu pembuktian dokumen-dokumen dan lainya menggunakan online.

“Jadi kita melaksanakan online seluruh proses kegiatan Akreditasi. Memang ada keunikan akreditasi di Lamdik ini, selain dari borang dan Lembaran Evaluasi Diri (LED), juga kelebihan dari Lamdik itu adalah melaksanakan sebuah proses kegiatan yang di monitornya yaitu proses pembelajaran,” jelasnya.

Jadi, kata dia, dari Prodi Penjas pada akreditasi hari kedua itu full. Pada proses kegiatan perkuliahan lapangan, praktek mengajar lapangan yang dibawakan oleh dosen yang ditunjuk Dosen senior Drs H Anin Rukmana MPd dalam pengajaran senam telah membuktikan kepada Asesor kemampuannya di dalam pembelajaran, khususnya praktik Pendidikan Jasmani.

“Pembuktian kedua di dalam pembelajaran yaitu yang dilaksanakan pembelajaran kesehatan khususnya Olahraga Kesehatan di ruangan dibawakan dosen yang sudah memiliki pengalaman, Dr Dinar Dinangsit MPd. Dua kegiatan ini kegiatan hari pertama, yaitu kegiatan dalam melaksanakan secara daring, seluruh dokumen-dokumennya, dokumen yang meliputi dokumen ke1 sampai dokumen ke-9,” katanya

Ayi mengatakan, kegiatan akreditasi hari kedua adalah pelaksanaan pembelajaran juga ditambah wawancara asesor itu di berbagai stakeholder, termasuk adalah stekholder pengguna lulusan. Yaitu, pengguna lulusan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Sumedang. Dimana, diwakili Kepala Bidang (Kabid) Dinas Pendidikan.

0 Komentar