Waspada! Kabel Listrik Tertimpa Pohon Tumbang

Waspada! Kabel Listrik Tertimpa Pohon Tumbang
Petugas BPBD Sumedang saat melakukan evakuasi pohon tumbang di wilayah Kabupaten Sumedang. Pohon tumbang yang menimpa kabel listrik berpotensi membahayakan warga yang melintas -dok sumeks-
0 Komentar

sumedang, DARMARAJA – Ketua Apdesi Kecamatan Darmaraja, Oo Somantri imbau warga waspadai pohon yang dekat dengan kabel listrik.

Pada musim hujan seperti saat ini, kondisi tanah kurang kuat untuk mengikat akar pohon. Biasanya, sering terjadi pohon tumbang.

Dengan begitu, Ketua Apdesi yang juga Kepala Desa Ranggon Oo Somantri meminta, masyarakat memperhatikan kabel listrik yang ada di lingkungannya. Pada saat ditemukan kabel listrik yang terancam pohon, maka warga disarankan untuk melaporkan hal itu kepada pemerintah desa atau petugas PLN.

Baca Juga:Karangpakuan Idamkan Jadi Sentral TernakPenerima BLT BBM Tahap Dua Belum Terdata

“Biasanya musim hujan seperti ini rawan pohon yang tumbang, yang lebih dikhawatirkan lagi, pohon tersebut mengenai kabel dan memutuskannya. Itu bisa berdampak patal,” kata Oo kepada Sumeks, baru-baru ini.

Hal-hal yang dianggap bahaya, harus sesegera mungkin diantisipasi. Hal itu merupakan tugas semua pihak. Seyogyanya masyarakat saling mengingatkan satu sama lainnya untuk saling menjaga.

“Kalau memang kita menemukan hal yang bisa berdampak buruk, meski itu bukan di lingkungan kita, sudah kewajiban kita untuk mengingatkan orang-orang yang ada di lingkungan tersebut,” katanya.

Selain itu, warga yang memiliki pohon berukuran  besar yang mengancam kabel listrik, maka diharapkan ada kesadaran sendiri untuk memangkasnya.

“Kalau warga punya pohon yang mengancam kabel listrik, maka dengan kesadarannya sendiri warga memangkas pohon tersebut. Kalau memang tidak bisa, minta bantuan kepada petugas PLN,” jelasnyam

Oo menilai, hanya karena kabel yang putus bisa berdampak buruk, bahkan bisa sampai menghilangkan nyawa seseorang. Dengan begitu warga jangan menganggap remeh hal tersebut.

“Masalah itu jangan dianggap remeh, karena itu bisa berdampak sangat buruk,” katanya. (eri)

0 Komentar