Karangpakuan Idamkan Jadi Sentral Ternak

Karangpakuan Idamkan Jadi Sentral Ternak
Seorang warga Desa Karangpakuan saat memberi pakan ternaknya. Pemdes Karangpakuan mengharapkan desanya menjadi sentral ternak (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, DARMARAJA – Banyaknya tanah kas desa merupakan potensi bagi Desa Karangpakuan Kecamatan Darmaraja. Pemdes Karangpakuan idamkan wilayahnya jadi sentral ternak domba dan sapi.

Melihat kondisi tanah kas desa yang masih belum semua produktif sehingga pemdes bercita-cita mengembangkan populasi ternak di desanya.

Kepala Desa Karangpakuan, Darmu menyebutkan, dalam hal ini pihaknya bersikeras untuk mewujudkan cita-citanya menjadikan Karangpakuan sebagai sentral ternak. Hal itu ditunjang oleh kondisi latar belakang masyarakatnya yang memadai.

Baca Juga:Penerima BLT BBM Tahap Dua Belum TerdataGermas Warnai Kegiatan HKN 2022

“Untuk jadi sentral ternak, sangat besar peluangnya. Karena, Karangpakuan selain ditunjang oleh fasilitas tanah kas desa yang bisa dijadikan ladang rumput dan lokasi kandang, sumber daya manusianya juga mendukung,” katanya kepada Sumeks, Senin (14/11).

Hanya saja, butuh pengelolaan yang tepat untuk memulai pengembangan ternak. Dari mulai pembagian lokasi tanah kas desa sampai lokasi untuk kandangnya. Hal itu, tentu harus dibentuk sebuah kelompok yang solid dan mau berusaha untuk mengembangkan ternaknya.

“Kita tinggal membuat managemen dalam satu kelompok, kalau perlu hal itu diatur oleh perdes,” katanya.

Dengan begitu, desa juga bisa menganggarkan sebagian dari kucuran dana bantuan pemerintah yang masuk ke desa untuk ketahanan pangan melalui program hewani.

“Apalagi saat ini ada kebijakan pemerintah untuk menganggarkan dari dana desa, untuk program ketahanan pangan,” jelasnya.

Dengan begitu, kedepannya pada saat Karangpakuan sudah jadi sentral ternak domba dan sapi, dengan pemeliharaannya di satu lokasi, maka bisa dikolaborasikan juga dengan agrowisata di besisir Waduk Jatigede.

“Kalau ternak sudah jalan, maka bisa jadi agrowisata. Ini peluang yang sangat bagus untuk pengembangan ekonomi maayarakat,” katanya.

Baca Juga:Mandala Herang Salurkan BLT DDHarapkan Data BLT BBM Akuntabel

Dia juga berharap, ada dorongan bantuan dari pemerintah kabupaten maupun provinsi untuk mewujudkan program tersebut. (eri)

0 Komentar