Catat Inilah Tips Untuk Menanam Bonsai

Bonsai dengan kualitas tinggi dan umur puluhan tahun
Bonsai yang memiliki kualitas tinggi dan memilliki nilai seni umurnyapun telah puluhan tahun
0 Komentar

 

sumedangekspres- Bonsai tanaman yang memiliki nilai seni yang tinggi dan indah ini cocok dijadikan pajangan di dalam ataupun di luar rumah. Bonsai juga cenderung mudah untuk ditanam dan perawatannya yang cukup ringan. Ada beberapa teknik yang diperlukan untuk merawat tanaman bonsai agar tetap terjaga keindahannya dan tumbuh subur.

1. Pilih ukuran tanaman yang sesuai
Ada baiknya sebelum membeli atau memelihara bonsai anda harus mengetahui ukkuran tanaman tersebut, dikarenakan bonsai memiliki ukuran yang beragam tergantung jenis tanamannya.

ada bonsai Mame yang ukurannya terbilang kecil dan ada juga bonsai yanng memiliki tinggi hingga 1 meter, Semakin tinggi dan besar tanaman maka semakin banyak Air, Media, dan cahaya matahari yang di butuhkan begitupun sebaliknya.

Baca Juga:3 Sholawat Nabi Yang Cocok Saat Tidak Bisa Tidur4 makanan yang cocok saat musim hujan

Selain itu anda harus memperkirakan tempat yang akan di tempati bonsai tersebut.

2. Letakan Bonsai Pada Posisi Terbaik
Tiap jenis bonsai memiliki kebutuhan berbeda anda harus tau kebutuhan tanaman tesebut apakah tanaman indor atau outdor, bonsai yang paling umum seperti juniper, pinus dan pohon cemara adalah tanaman yang diletakkan di luar rumah. Semenetara itu, pohon bonsai dalam ruangan biasanya adalah spesies subtropis yang tumbuh subur dari suhu yang stabil sepanjang tahun

3. Mengetahui Porsi Penyiraman
Layaknya Tumbuhan lain Bonsai juga perlu di siram agar bisa tetap hidup dan tidak kering, menyiram bonsai, usahakan jangan terlalu banyak karena bisa mengakibatkan tumbuhnya jamur dan akar menjadi busuk

4. Triming atau Pemangkasan
Triming sendiri bertujuan untuk mengerdilkan pohonn namun bukan hanya mengerdilkan triming juga berfungsi dalam membentuk pohon sesuai dengan keinginan sang pemilik bonsai. Namun, jika tanaman bonsai pertumbuhannya lambat, pemangkasan cukup dilakukan dua atau tiga bulan sekali.

5. Pemberian Nutrisi
Pembrian nutrisi atau pemupukan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pohon tersebut, setiap mohon memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda biasanya bonsai diberi pupuk dalam jangka waktu satubulan sekali. pupuk yang bisa digunakan adalah NPK atau urea, tapi sesuaikan juga dengan kebutuhan pohon bonsainya. Selain pupuk untuk tanamannya, berikan juga pupuk daun sebanyak tiga kali perbulan untuk menunjang kebutuhan nutrisi pohon.

0 Komentar