Jalan Penghubung Trunamanggala – Cikole Dilakukan Pengaspalan

Jalan Penghubung Trunamanggala - Cikole Dilakukan Pengaspalan
Beberapa tenaga kerja dan warga saat melakukan pengaspalan di jalan penghubung antara Desa Trunamanggala dan Desa Cikole Kecamatan Cimalaka yang melalui SMPN 3 Cimalaka, baru-baru ini (ACHMAD SOFA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, CIMALAKA – Pengaspalan jalan penghubung antara Desa Trunamanggala dan Desa Cikole Kecamatan Cimalaka yang melalui SMPN 3 Cimalaka, tidak lepas dari peran serta kerja bhakti warga.

Anggaran pengaspalan jalan tersebut bersumber dari Bantuan Provinsi (Banprov) anggaran Sarana dan Prasarana (Sarpras ) Desa Trunamanggala.

Hal ini disampaikan Kepala Desa Trunamanggala Hendrik Herdiana kepada Sumeks beberapa waktu lalu.

Baca Juga:Pulang Kandang Fapet Unpad, Bantu Mahasiswa Kurang MampuInisiasi Masyarakat Mangunarga dengan Jum`at Menanam

“Pengaspalan di jalan deoan SMPN 3 Cimalaka untuk anggarannyaa bersumber dari dana Banprov anggaran dana Sarpras dari hasil presentase kurang lebih senilai Rp 50 juta,” katanya.

Dikatakan, dalam pelaksanaannya sekarang terkendala oleh situasi dan kondisi musim hujan. Sementara, dalam pengerjaan pengaspalan dituntut harus maksimal dan baik.

Maka, lanjut dia, langkah pertama sebelum pengerjaan Pemerintah Desa Trunamanggala kerja bhakti dengan warga untuk membenahi dulu saluran air (drainase). “Supaya dalam pengerjaan atau setelah pengerjaan pengaspalan tersebut, jalan tidak gampang rusak, aspalnya tidak terkikis oleh luapan air hujan dari drainase,” jelasnya.

Dia bersyukur, aspirasi masyarakat sangat mendukung dan antusias dengan pengaspalan tersebut. Karena, itu merupakan salah satu jalan akses menuju sarana pendidikan yaitu ke SMPN 3 Cimalaka. “Juga, itu satu-satunya akses jalan menuju Ciulur, Kubang  alun-alun serta jalur jalan penghubung menuju ke wilayah Desa Cikole,” sambung Hendrik.

Lebih jauh Hendrik menjelaskan, untuk pengaspalan jalan dengan menggunakan anggaran dari Sapras, pengaspalan jalan ini merupakan titik yang kedua. Titik yang pertama pengaspalan jalan dengan menggunakan anggaran dari Sapras itu dilaksanakan pada tahun kemarin, yaitu di jalur jalan yang sama Ciulur, Kubang Alun-alun, yang menghubungkan dengan wilayah  Desa Cikole.

“Untuk tahun sekarang juga sama anggaran Sapras diterapkan untuk pengaspalan jalan di jalur yang sama yang merupakan titik kedua pengaspalan jalan dengan menggunakan anggaran dari dana Sapras,” tutupnya. (ahm)

0 Komentar