Ciptakan Produk Unggulan Dari Hasil Bumi

Ciptakan Produk Unggulan Dari Hasil Bumi
Salah satu pelaku usaha ekonomi kreatif yang mengelola kopi sesudan panen di wilayah Kecamatan Wado (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Pelaku ekonomi kreatif di Sumedang jadi salah satu harapan untuk menumbuh kembangkan produk asal daerah. Dalam hal ini, para pelaku ekonomi kreatif (ekraf) diharapkan bisa lebih inovatif dalam menggali berbagai peluang yang berpotensi mendongkrak ekonomi.

Pelaku ekraf dianggap memiliki peran besar untuk membangun pondasi ekonomi, khususnya di Sumedang. Apalagi saat ini, dimana pemerintah daerah sedang membangun pemulihan ekonomi akibat pandemi.

Demikian disampaikan, Ketua Komisi lll pada DPRD Kabupaten Sumedang H Mulya Suryadi SPd MKom melalui ponselnya, Minggu (11/12).

Baca Juga:Bawaslu akan Tetapkan Parpol Peserta PemiluOlah Sampah Menjadi Listrik, Jabar Bikin Proyek Terbesar di Indonesia

Menurutnya, pelaku ekraf lebih potensial untuk mengembangkan perekonomian dengan produk-produk yang dihasilkannya.

Mulya Suryadi atau akrab dengan sapa’an Ute mengatakan, sektor ekraf saat ini menjadi perhatian serius pemerintah pusat. Oleh karenanya, pelaku ekonomi kreatif berkesempatan luas untuk mendapatkan dukungan untuk mengembangkan inovasi dan kreatifitasnya.

“Banyak sektor ekraf di Sumedang. Mudah-mudahan bisa berkolaborasi sehingga bisa menumbuhkan gairah pengembangan ekonomi kreatif,” ujarnya

Ute menyatakan, di Sumedang ada beberapa sub sektor pelaku ekraf yang sudah menunjukkan eksistensinya. Diharapkan, sub sektor tersebut bisa mengembangkan potensinya masing-masing.

“Para pelaku ekonomi kreatif diharapkan gali potensi yang ada, lebih baiknya lagi menjadikan produk unggulan yang ada di Sumedang sebagai pemeran utamanya,” kata dia.

Dia menilai, di Sumedang banyak terdapat bahan baku yang dihasilkan dari bumi. Para pelaku ekraf harus bisa memanfaatkan hal itu menjadi penunjang pembuatan produk ekonomi.

“Di Sumedang kan banyak  bahan makanan yang dihasilkan dari bumi seperti umbi-umbian dan kacang-kacangan, itu harus jadi penunjang pembuatan produk,” jelasnya.

Baca Juga:Pemkab Sumedang Jamin Momen Nataru AmanSumedang Raih Penghargaan Inovasi Pemberdayaan UMKM

Selain itu, tempat yang unik dan ada nilai kreatifitasnya juga bisa menjadi salah satu penunjang daya tarik.

“Kratifitas itu harus diterapkan dari berbagai sektor penunjang usaha,” tutupnya. (eri)

0 Komentar