Budidaya Ayam Kampung, Entaskan Kemiskinan

Budidaya Ayam Kampung, Entaskan Kemiskinan
Para peserta Pelatihan Budidaya Ayam Kampung Pedaging untuk 20 KPM PKH Desa Cibunar melakukan foto bersama, baru-baru ini (ist)
0 Komentar

sumedang, RANCAKALONG – Pemerintah Desa Cibunar Kecamatan Rancakalong  membuka Pelatihan Budidaya Ayam Kampung Pedaging untuk 20 KPM PKH Desa Cibunar, baru-baru ini.

Pemdes Cibunar bekerja sama dengan KPM PKH sebagai peserta. Kegiatan dilakukan di Aula Kantor Desa Cibunar Kecamatan Rancakalong.

Pendamping PKH Kecamatan Rancakalong yang turut serta dalam kegiatan Mustaram Rahayu, Tita Garmila, Ganita Windiwireksa dan Hery Heryana.

Baca Juga:Camat Ujung Tombak Pelaksanaan Tugas PemerintahSitu Terapkan Banprov di Tiga Kegiatan

Kepala Desa Cibunar Heni Susilawati mengatakan, dengan adanya kegiatan pelatihan ini manfaatkan sebaik mungkin. Harapan kedepanya bisa berkembang dan terus berkesinambungan.

“Alhamdulillah kerjasama dan komunikasi antara Desa dengan pendamping PKH sangat baik. Sehingga, kita tahu yang dibutuhkan masyarakat dan bisa saling mendukung,” jelasnya.

Di tempat yang sama, pendamping PKH Desa Cibunar Hery Heryana mengatakan, seluruh pendanaan kegiatan semua ditanggung Pemdes Cibunar.

“Alhamdulillah respon desa sangat baik, ini merupakan kegiatan kedua kami. Pertama di tahun 2021 lebih ke pemotivasian usaha KPM. Di tahun 2022 mencoba di peternakan rumahan dan di tahun 2023 rencana ke pengemasan dan pemasaran produk olahan Insya Allah,” ujarnya.

Dikatakan, kegiatan ini melibatkan berbagi unsur, terutama Kepala Desa yang sangat support kegiatan ini dan semua perangkat desa terlibat,” terangnya.

Intinya, kata dia, Desa Cibunar salah satu desa yang sudah memahami bagaimana kolaborasi harus dibangun untuk mengentaskan kemiskinan. Sehingga, warga yang masuk DTKS terus didorong secara terencana agar bisa meningkatkan kesejahteraannya.

Hery menambahkan, perhatian dari kecamatan terhadap program PKH pun sangat bagus. Sehingga, kegiatan pelatihan ini tidak hanya melibatkan pemerintah desa tetapi juga pemerintah Kecamatan Rancakalong dan UPT Pertanian Kecamatan Rancakalong beserta jajaran. (rls)

0 Komentar