Konservasi Itu Penting?

thelovecode.files.wordpress.com
thelovecode.files.wordpress.com
0 Komentar

SumedangekspresKonservasi Alam sangat bermanfaat dalam kehidupan. Sebagai makhluk hidup, haruslah bisa melindungi dan menjaga lingkungan sekitar. Dengan melakukan perwatan dan perlindungan terhadap lingkunga, tak ayal manusia akan menaui hasil yang baik. Karena manusia, tumbuhan, dan hewan merupakan kesatuan yang saling membutuhkan. Semua melangsungkan kehidupannya dengan saling membantu satu sama lain. Membantu menjaga lingkungan adalah salah satu yang bisa dilakukan manusia. Salah satunya adalah dengan konservasi alam. Konservasi alam merupakan kegiatan menjaga dan melestarikan alam sebagai tempat tinggal manusia.

Menjaga alam merupakan salah satu upaya penting agar kita sebagai manusia tetap bisa hidup lama. Alam yang rusak pastinya akan membawa dampak yang buruk bagi manusia. Sehingga pelestarian alam menjadi hal yang wajib. Sebenarnya apa tujuan dari pelestarian lingkungan atau konservasi alam ini?

  1. Untuk menjaga dan juga melindungi kawasan budaya agar tidak punah / rusak.
  2. Untuk revitalisasi bangunan-bangunan bersejarah agar bisa digunakan kembali. Bisa juga meggunakan bangunan lama untuk difungsikan kembali walaupun dengan tujuan yang berbeda.
  3. Untuk melindungi flora, fauna, dan benda langka agar tidak punah atau disalahgunakan.
  4. Untuk memelihara benda dari cagar alam dengan cara merawat dan memperbaiki bentuk fisik.

Manfaat Konservasi

Baca Juga:Lirik Lagu terbaru ITZY ChesireEtika Naik Gunung Yang Perlu Kamu Tahu

Tak hanya memiliki tujuan yang sangat membantu kelangusngan hidup manusia, ada beberapa manfaat yang dapat kita rasakan. Berikut adalah beberapa manfaat konservasi alam.

  1. Menjaga Sumber Air

Jika kita melakukan konservasi di daerah tangkapan hujan, seperti pegunungan, kita bisa menjaga sumber air. Daerah tangkapan hujan merupakan kawasan yang harus selalu dijaga agar tetap hijau sehingga sumber air tetap tersedia. Salah satu jenis konservasi yang bisa dilakukan adalah reboisasi.

  1. Pelestarian Flora dan Fauna

Sudah jelas sekali manfaat yang satu ini. Konservasi alam akan memberikan manfaat terhadap lestarinya tumbuhan-tumbuhan. Tak hanya itu, dengan konservasi kita juga bisa melestarikan fauna ataupun satwa langka. Dewasa ini banyak sekali satwa langka yang jadi bahan pemburuan pihak tidak bertanggung jawab. Sehingga populasinya semakin menurun. Untuk itu konservasi satwa langka harus lebih digalakan.

0 Komentar