Swadaya, Masyarakat Bangun Rutilahu Milik Ato

Swadaya, Masyarakat Bangun Rutilahu Milik Ato
Swadaya, Masyarakat Bangun Rutilahu Milik Ato (ENGKOS KOSWARA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, CIMANGGUNG – Kepala Desa Pasirnanjung Kecamatan Cimanggung Susi Herawati didampingi Bhabinkamtibmas Brigadir Moch Gian P dan Babinsa AD Koptu Asep Sobari mengajak masyarakat membenahi Rutilahu di Kampung Lebak Lewang Desa Pasirnanjung.

Meski tidak menggunakan anggaran desa, namun antusias masyarakat terlihat sangat kompak. Anggaran pembangunan tersebut difasilitasi oleh salah satu tokoh masyarakat yang juga sebagai Ketua Kelompok Sadar Desa Wisata (Pokdarwis) Desa Pasirnanjung, Romi Zulkarnain.

“Dengan adanya kekuatan swadaya masyarakat, saya berniat membantu rumah tidak layak huni itu”, kata Susi di lokasi pembangunan rutilahu, belum lama ini.

Baca Juga:Posko Kesehatan Bantu Tangani Korban Kecelakaan Lalu LintasJatinangor Tingkatkan Wawasan Terkait Banjir

Menurutnya, meski anggaran seadanya hasil udunan (swadaya) masyarakat, baik itu berupa uang maupun material, namun tetap optimis akan berhasil membantu  warga.

Rutilahu tersebut milik Ato 65 tahun Warga Dusun Lebak Lewang RT 02 RW 07 Desa Pasirnanjung. Kondisinya memang sangat memprihatinkan, diperparah dengan kondisi fisik pemiliknya yang sudah kurang sehat lagi.

Lanjut Susi, selama proses pembangunan rutilahu ini, tidak ada bantuan dari pemerintah dan murni swadaya. “Namun, alhamdulillah Pak Romi bersedia memberikan dukungan dana untuk kebutuhan material yang diperlukan,” tegasnya.

Melihat kondisi rumah yang sudah tidak layak huni dengan kondisi penghuninya sudah lanjut usia, Romi Zulkarnain tergerak hatinya dan mengajak masyarakat untuk membantunya. Pihaknya pun berkoordinasi dengan Bupati Sumedang, dan mendapatkan dukungan dari Bupati Sumedang.

“Kami tergerak hati untuk membantu warga yang rumahnya tidak layak huni. Akhirnya kami bersama-sama para ketua RW membantu rutilahu milik Bapak Ato,” tuturnya.

Romi menjelaskan, jika pihaknya akan menjadikan program bedah rumah melalui swadaya masyarakat ini akan dijadikan program rutin setiap tahunnya. Sehingga, budaya gotong royong yang selama ini nyaris menghilang akan mulai tumbuh dan kuat lagi.

“Sebagai desa baru berkembang ini, diharapkan dapat menguatkan persatuan antar warga demi Pembangunan Desa Pasirnanjung”, tutup romi

0 Komentar