Destinasi Religi, Keunikan Masjid Al Jabbar Bandung!

Destinasi Religi, Keunikan Masjid Al Jabbar Bandung
Destinasi Religi, Keunikan Masjid Al Jabbar Bandung(
0 Komentar

sumedangekspres– Destinasi religi, keunikan Masjid Al Jabbar Bandung, Jawa Barat memiliki keindahan alam yang luar biasa, kuliner yang menggiurkan dan juga tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi.

Destinasi religi, keunikan Masjid Al Jabbar Bandung. Pemerintah Provinsi Jawa Barat kembali melanjutkan pembangunan Masjid Al Jabbar setelah sebelumnya dihentikan selama 1,5 tahun akibat pandemi COVID-19 dan ditargetkan akan diresmikan pada akhir tahun 2022.

Pembangunan Masjid Al Jabbar di Gedebage Kota Bandung telah rampung dan siap diresmikan pada Jumat, 30 Desember mendatang. Masjid megah itu pun diproyeksikan bisa menjadi destinasi religi di Jabar.

Baca Juga:Kuliner Berkuah Yogyakarta yang Bikin Ketagihan!View Alam Instagramble di Yogyakarta!

Sebagai destinasi wisata religi, Masjid Al Jabbar memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Arsitektur masjid itu tampak unik dengan bangunan masjid berbentuk setengah lingkaran. Atap masjid berbentuk seperti kerucut yang ditumpuk-tumpuk.

Hal yang paling menarik, masjid ini berdiri di tengah danau sehingga dari jauh tampak mengapung. Karena itu pula masjid ini kerap disebut masjid terapung Gedebage.

Desain masjid dibuat oleh Gubernur Jawa Barat saat ini Ridwan Kamil. Sedangkan peletakan batu pertama telah dilakukan sejak 2017 di masa Gubernur Ahmad Heryawan.

Fasilitas masjid

Masjid ini berdiri di lahan seluas 25 hektare. Bangunan masjid yang megah itu diperkirakan bisa menampung 60 ribu jemaah.

Bangunan masjid terdiri dari tiga lantai yang masing-masing memiliki fungsi. Lantai pertama rencananya akan menjadi museum, sedangkan dua dan tiga menjadi tempat salat.

Selain itu, beragam fasilitas akan dibuat di masjid ini. Mulai dari penginapan, perpustakaan hingga ruang pertemuan. Masjid ini akan menjadi sarana ibadah, sekaligus pusat edukasi Islam.

Target wisata religi

Dengan hadirnya Masjid Al Jabbar, kata Benny, Jawa Barat memiliki destinasi wisata religi dan bersejarah yang bisa dikunjungi wisatawan. Masjid ini juga menjadi pusat edukasi Islam, wisata religi dan ruang interaksi publik representatif warga Jawa Barat bahkan ASEAN.

Baca Juga:Persiapan Diskusi dengan Penuh Percaya Diri!Zodiak yang Ramah Sekali!

Pengembangan pariwisata yang mampu membangun semangat kebangsaan, apresiasi terhadap kekayaan seni budaya bangsa dan toleransi antar umat beragama.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat menargetkan 36 juta wisatawan nusantara dan 33.000 wisatawan mancanegara pada 2022.

0 Komentar