Memvalidasi Perasaan Diri Sendiri, Sebagai Bentuk Self Healing

Pentingnya memvalidasi perasaan diri sendiri
Pentingnya memvalidasi perasaan diri sendiri/(
0 Komentar

Sumedangekspres – Penting bagi setiap diri manusia untuk mampu memvalidasi perasaan atas apa yang dirasakan dirinya sendiri.

Di era sekarang ini pada masa dimana segala  hal dilakukan secara cepat membuat manusia juga melakukan semua hal dengan cepat.

Tanpa kita sadari hal ini mempengaruhi kondisi mental kita, kerjaan yang padat, waktu yang singkat, dan tuntutan kesempurnaan membuat kita tertekan dengan kondisi yang ada dan berakibat pada munculnya emosi-emosi negatif yang berkecamuk di dalam diri.

Atau yang disebut dengan keadaan “Burn out

Baca Juga:SME’s Lifetime Achievement Award, BRI Apresiasi Loyalitas Nasabah dengan Berikan Saham BBRIPerilaku Toxic Ke Diri Sendiri yang Sering Dianggap Normal, Kamu Harus Tahu!

Keadaan yang selalu memaksa untuk kita tampil maksimal dan sempurna membuat kita sering membiarkan emosi kita terkubur di dalam diri, dan pada saat yang tidak dapat ditentukan emosi tersebut akan meledak  tidak terkendali yang mengakibatkan stress bahkan depresi.

Maka dari itu, untuk menghidari gangguan mental tercetuslah kata healing atau bisa diartiakn dengan penyembuhan.

Salah satunya adalah dengan cara Memvalidasi perasaan diri sendiri.

Validasi perasaan merupakan salah satu bentuk self healing paling mudah tetapi faktanya paling sulit untuk dilakukan, alih-alih dari kita lebih memilih untuk menyangkal atau bersikap Denial terhadap apa yang sedang kita rasakan.

Sehingga tak jarang hampir asing sekali untuk mengenal dan berdamai dengan diri kita sendiri.

Kebanyakan dari kita lebih terbiasa dan mudah untuk mengatakan ” ah gapapa kok” “ga aku ga sedih” “ah ini cuman persaan aku aja” daripada mengatakan yang sebenarnya.

Terkadang bagi kita untuk jujur mengakui apa yang sebenarnya diri kita rasakan adalah bentuk kelemahan.

Padahal, tidak ada salahnya untuk merasaka dan menerima perasaan yang sebenarnya.

Baca Juga:SME’s Lifetime Achievement Award, BRI Apresiasi Loyalitas Nasabah dengan Berikan Saham BBRIPanik Akhir Bulan Tenang, Ini Dia Tips Hemat Anak Kost

Terlalu sering menyembunyikan apa yang dirasa sangat tidak baik untuk diri sendiri. Ada kalanya saat sedih kita perlu mengeluarkan kesedihan kita dan menemani diri kita dikala sedih.

Bicaralah dengan diri sendiri dan berikan sebuah afirmasi bahwa tidak apa untuk merasa sedih, tidak apa untuk terlihat rapuh.

Memberikan validasi atau memvalidasi Perasaan diri sendiri, merupakan bentuk penerimaan atas apapun yang sedang kita rasakan atau kita alami.

0 Komentar