Gong Xi Fa Cai Pada Lampion Labu Sebagai Simbol Imlek

Gong Xi Fa Cai Pada Lampion Labu Sebagai Simbol Imlek
(Istimewa/Pinterest ilustrasi perayaan imlek)
0 Komentar

sumedangekspres –  Gong Xi Fa Cai menjadi salah satu ucapan saat hari raya imlek  kata Gong Xi memiliki arti semoga berbahagia, sedangkan Fa Cai memiliki arti bertambah kaya. Dengan demikian Gong Xi Fa Cai berarti semoga bahagia memperoleh keberuntungan besar. Tahun Baru Cina dianggap sebagai hari besar dan penting bagi masyarakat Tionghoa.

Perayaan imlek akan terasa kurang bermakna jika tidak menyalakan juga menggantung lampion, lampion juga menjadi pelengkap tradisi saat imlek. Lampion juga dapat dijelaskan yaitu menutup lilin dengan bingkai bambu atau kayu yang dibungkus dengan kain sutra atau kertas berwarna merah yang juga disebut sebagai lentera Cina.

Terdapat perbedaan lampion dahulu dengan lampion perkembangan zaman sekarang. Saat ini, lampion sering  menjadi hiasan dan memiliki beberapa karakter juga bentuk dengan banyak warna sebagai hiasan ataupun penerangan. Bagi warga Tionghoa yang memasang lampion yang diisi dengan bola lampu untuk hiasan, hal itu tanpa bermaksud mengubah fungsi dan makna dari simbol lampion itu sendiri.

Baca Juga:Tempat Makan Sate yang Enak dan Selalu Ramai di Situraja, SumedangMakna Barongsai Disetiap Perayaan Imlek. Tahun Baru Imlek 2023 Sebentar Lagi!

Lampion  memiliki dua jenis lampion yaitu lampion tanpa tulisan dan lampion dengan tulisan. Perbedaan kedua lampion berada  pada setiap makna yang terkandung di dalamnya. Lampion dengan beberbagai bentuk tanpa tulisan biasanya memiliki makna sebuah harapan hidup senantiasa memuaskan sepanjang tahun, sedangkan lampion dengan bentuk dan tulisan yang berbeda juga memiliki makna tersendiri.

Salah satunya lampion dengan tulisan Gong Xi Fa Cai yang mendoakan kebahagiandan doa memperoleh keberuntungan besar. Terdapat beberapa tulisan yang memiliki makna yang berbeda-beda dalam lampion.

0 Komentar