Highly Sensitive Person, Tanda-tanda Kamu Termasuk Orang Yang Baperan

HSP
(Istimewa/Pinterest/)
0 Komentar

Sumedangekspres – Highly Sensitive Person  adalah karakteristik seseorang yang memiliki perasaan yang peka & sensitive banget. Sederhananya sering bisa kita sebut dengan istilah Baperan.

-+enurut Alodokter.com menyebutkan bahwa :

Highly sensitive person (HSP) adalah seseorang yang memiliki kadar sensitivitas atau kepekaan yang tinggi. Kepekaan bisa secara emosional, fisik, maupun interaksi sosial.

Diperkirakan, sekitar 15–20% populasi dunia tergolong dalam kepribadian HSP.

Highly sensitive person dikenal juga dengan sebutan sensory processing sensitivity (SPS). Individu HSP umumnya akan lebih peka terhadap stimulasi yang terjadi di lingkungannya. Keramaian, kebisingan, interaksi sosial dengan banyak orang bisa membuat individu HSP kelelahan karena terlalu banyaknya stimulasi.

Baca Juga:Kue Khas Imlek yang Dipercaya Bisa Datangkan KeberuntunganLirik Lagu Apocalypse Cigarettes After Sex, Lengkap Dengan Terjemahan

Jadi, Highly sensitive person adalah suatu kepribadian dengan karakteristik yang melekat, bukan sebuah gangguan mental.

Tanda-tanda Kamu Termasuk Orang Yang Baperan atau Memiliki Kepribadian HSP

Nah, berikut ini adalah beberapa ciri orang yang memiliki kepribadian HSP atau yang lebih kita kenal dengan istilah mudah baper, sebagai berikut.

1.Empati Tinggi

Empati adalah kemampuan seseorang dalam memahami apa yang dirasakan orang lain, melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain, dan juga membayangkan diri sendiri berada di posisi orang tersebut. Empati memainkan peran penting dalam membangun dan menjaga hubungan antara sesama manusia.

Seseorang dengan tingkat empati yang tinggi dapat bisa merasakan apa yang orang lain rasakan, bahkan ketika sesorang menangis, dia dapat merasakan dan juga ikut menangis juga.

2. Terlalu Peka

Selain bisa merasaka apa yang orang lain rasakan, orang yang baperan juga bisa sangat peka. Arti peka sendiri adalah sifat kepedulian yang dimiliki seseorang dalam berbagai hal. Sering kali tidak pekanya seseorang dapat membawa petaka dalam suatu hubungan atau relasi yang dijalin.

Orang yang baperan seakan-akan tau apa yang orang lain butuhkan karena dapat merasakan apa yang orang lain rasakan.

3. Mudah Tersinggung

Seseorang dengan tipe kepribadian ini umumnya akan mudah tersinggung, karena kesensitiveannya apapun yang ia dapat akan diterima secara mentah-mentah dan dimasukan ke hati. Hal ini yang menyebabkan disebut baperan alias bawa perasaan.

0 Komentar