Arti Kegiatan Ekonomi Dalam Kehidupan Manusia

Arti Kegiatan Ekonomi Dalam Kehidupan Manusia
Arti Kegiatan Ekonomi Dalam Kehidupan Manusia
0 Komentar

sumedangekspres – Sekilas Pengertian Kegiatan Ekonomi  Manusia memiliki banyak kebutuhan yang meliputi sandang, papan, pangan, pendidikan, kesehatan, informasi, kepuasan, kepuasan lahir dan batin, dan sebagainya.

Bisa disimpulkan kebutuhan-kebutuhan tersebut diperlukan agar manusia dapat memiliki kesejahteraan yang terjamin, kemakmuran, dan kepuasan.

Sebenarnya apakah yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi itu semua kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Baca Juga:Sejarah Terbentuknya Uang Di DuniaCamping Ground Bukit Pamoyanan Subang

Aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhannya Bentuk kegiatan ekonomi itu sendiri yang dilakukan manusia mencakup tiga kegiatan yang berkesinambungan, yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi.

Orang-orang yang melakukan pelaku ekonomi itu sendiri. Manusia memiliki banyak kebutuhan setiap harinya. Sejak bangun tidur hingga kembali terlelap di malam hari, semua kebutuhan itu tidak lepas dari dirinya.

Kebutuhan ekonomi tersebut antara lain adalah sandang, pangan, papan, kesehatan, pendidikan, informasi, dan lainnya. Semua kebutuhan itu diperlukan agar manusia mendapatkan kemakmuran, kepuasan, dan kesejahteraan yang terjamin.

Demi memenuhi semua kebutuhan tersebut, diperlukan aktivitas yang disebut kegiatan ekonomi berlandaskan prinsip ekonomi agar seseorang mempunyai pemasukan.

Pengertian lain dari kegiatan ekonomi adalah tindakan atau perilaku manusia yang bertujuan memenuhi kebutuhan hidupnya yang didasari oleh prinsip ekonomi. Hampir setiap aktivitas manusia terkait dengan kegiatan ekonomi.

Ada beberapa macam kegiatan ekonomi yang dilakukan dan sering kita temui di masyarakat itu seperti produksi, distribusi, dan juga konsumsi.

Untuk mengetahui lebih jelas, di bawah ini akan dibahas penjelasan dari masing-masing kegiatan ekonomi.

Baca Juga:Tempat Nongkrong Hits Bandung Limasegi DipinusTempat Wisata Taman Langit Pangalengan, Menikmati Pesona Sunrise Dan Sunset

  • Produksi

Produksi merupakan kegiatan untuk menghasilkan suatu barang atau jasa. Kegiatan pokok ekonomi produksi dilakukan oleh produsen dalam rangka menghasilkan barang untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Tujuan dari produksi adalah guna memenuhi kebutuhan para pembeli atau konsumen dan mencari keuntungan dalam menghasilkan barang dan jasa.

Beberapa contoh kegiatan produksi adalah pabrik tahu yang memproduksi tahu, pengrajin batik yang membuat batik, industri garmen yang menghasilkan pakaian, dan juga sebagainya.

  • Distribusi

Setelah kegiatan produksi, kegiatan selanjutnya yaitu kegiatan distribusi. Distribusi merupakan kegiatan menyalurkan barang atau jasa dari pihak produsen kepada pihak konsumen. Orang yang melakukan distribusi disebut distributor. Adapun tugas utama dari kegiatan distribusi yaitu membeli barang-barang dari pihak produsen untuk kemudian dijual kepada pihak konsumen.

0 Komentar