Sering Merasa Curiga Dan Tidak Mudah Percaya, Bisa Jadi Karena Alasan Ini

trust issue
(istimewa/pinterest/)
0 Komentar

Sumedangekspres – Perasaan curiga dan tidak mudah percaya sering kali menyebabkan beberapa keadaan menjadi tidak nyaman, ada beberapa orang yang memiliki perasaan tidak aman ini yang menjadikan sesuatu terlihat berlebihan dan merasa bahwa orang lain ingin bersikap buruk bahkan ingin mengambil seuatu keuntungan darinya.

Perasaan ini juga biasanya di sertai oleh pikiran negatif tentang orang lain dan overthinking terhadap kejadian yang akan terjadi.

Jika kamu termasuk orang yang merasakan hal itu, bisa jadi kamu memiliki salah satu jebakan hidup (life traps) yang disebut Mistrust Abuse.

Baca Juga:Pencurian dengan Beragam Modus Kerap Menghantui MasyarakatWakil Rektor Unsap Sumedang Beri Apresiasi Kinerja Polri

Dilansir dari psikologi id, menurut teori kognitif Young & Klosko, Mistrust Abuse bisa disebabkan oleh kurangnya rasa aman dalam keluarga.

Alasan memiliki rasa curiga dan perasaan tidak mudah tidak percaya

1. Sering dibohongi

Terlalu seringnya dijanjikan sesuatu namun tidak pernah ditepati oleh orangtua, sering dibohongi atau dilecehkan (verbal maupun fisik) semasa kecil menyebabkan seseorang tumbuh dengan rasa curiga, was-was dan ketakutan yang luar biasa.

Seseorang dengan jebakan hidup ini akan cenderung menganggap orang lain tidak bisa dipercaya karena selalu ingin menyakiti, menipu, atau mengambil keuntungan dari dirinya.

2. Sering berasumsi buruk terhadap orang lain

Perilaku yang sering muncul yang berhubungan dengan jebakan hidup (life traps) ini sering berasumsi buruk tehradap orang lain, cenderung pesimis dan berpikiran negatif di berbagai situasi, tidak mudah dekat dengan orang baru, tidak mudah beradaptasi, curiga dan ketidakpercayaan yang berlebihan.

3. Pikiran bawah sadar untuk menjaga

Dalam kadar yang wajar, hal ini sebenarnya adalah cara dari pikiran bawah sadar kita untuk menjaga agara pengalaman buruk yang pernah terjadi di masa lalu, tidak terulang dan terjadi lagi di masa depan.

Pikiran bawah sadar ini juga seringkali menjadi alarm otomatis kita untuk menjaga diri dari bahaya yang datang.

Lalu kemudian, bagaimana cara untuk mengatasi jika ketidakpercayaan dan rasa curiga itu sudah terlalu berlebihan dan menganggu aktifitas sehari-hari?

Tips Mengatasi ketidakpercayaan dan rasa curiga berlebihan

Berdamai dengan masalalu

Baca Juga:Puluhan Rumah Rusak Diterjang Puting BeliungKantor Pasar Parakanmuncang Terancam Mangkrak

Meskipun terdengar cukup sulit untuk dilakukan, dan dalam prosesnya kita perlu dan diminta untuk mengingat kejadian yang menyakitkan, mengakui apa yang kita rasakan dan melepaskan setiap emosi negatif yang melekat di dalamnya.

0 Komentar