Hari Ini, Hari Kanker Sedunia!

Hari Kanker Sedunia
Hari Kanker Sedunia/laman WHO
0 Komentar

sumedangekspres – Hari ini tepat pada tanggal 4 Februari 2023 merupakan Hari Kanker Sedunia. 

Hari Kanker Sedunia dirayakan untuk meningkatkan kesadaran diri terhadap kanker dan memotivasi untuk pencegahan, deteksi, dan pengobatan kanker.

Hari Kanker Sedunia yang diperingati setiap tanggal 4 Februari merupakan inisiatif penyatuan global yang dipimpin oleh Union for International Cancer Control (UICC). Tujuan utama dari ini adalah untuk secara signifikan menurunkan trafik kesakitan dan kematian akibat kanker pada tahun 2020.

Baca Juga:Kesimpulan Terkini Terkait Kecelakaan Mobil Dinas DPRD JambiKecelakaan Mobil Dinas DPRD Jambi: Ini Hasil Tes Urine Sopir dan Penumpang Wanita Tanpa Busana!

World Cancer Day telah berkembang menjadi sebuah gerakan positif bagi semua orang, di mana pun, untuk bersatu dalam menghadapi salah satu tantangan terbesar dalam sejarah.

Tema Hari Kanker Sedunia tahun ini, “Close the Care Gap” adalah tentang merayakan kemajuan dalam berbagai hal yang memungkinkan lebih banyak orang untuk  menerima perawatan yang mereka butuhkan dan pantas mereka dapatkan.

Lantas, apa itu penyakit kanker? Kanker disebut juga tumor ganas, penyakit ini diakibatkan oleh ketidak-teratuan sirkulasi hormon sehingga menyebabkan tumbuhnya daging pada jaringan tubuh yang normal. Tumbuhnya daging itulah yang disebut tumor.

Kanker ini dapat mempengaruhi sistem pencernaan, saraf, dan peredaran darah atau melepaskan hormon yang dapat merusak fungsi tubuh.

Tumor jinak tidak bersifat kanker dan jarang sekali mengancam nyawa. Mereka cenderung tumbuh perlahan dan tidak menyebar ke seluruh tubuh.

Tumor ganas tumbuh lebih cepat dari tumor jinak dan memiliki kemampuan untuk menyebar dan menghancurkan jaringan di sekitarnya.

Sel tumor ganas dapat melepaskan diri dari tumor utama dan menyebar ke bagian tubuh lain melalui proses yang disebut metastasis.

Baca Juga:Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto: Mobil Dinas Tidak Boleh Diperuntukkan bagi Siapapun yang Bukan HaknyaTerkuak! Jabatan Orang Tua Sopir yang Bawa Mobil Dinas DPRD Jambi Berpenumpang Siswi Tanpa Busana

Setelah menyerang jaringan sehat, mereka terus membelah dan tumbuh Situs sekunder ini disebut metastasis dan kondisinya disebut kanker metastatik.

World Cancer Day ia diresmikan pada World Cancer Summit di Paris. Pada peresmian, anggota organisasi kanker dan pemimpin terkemuka lainnya berkumpul.

0 Komentar