Kisah Nabi Khidir As

Sekilas Kisah Nabi Khidir As
Sekilas Kisah Nabi Khidir As/pinterest.net
0 Komentar

sumedangekspres – Sekilas Kisah Nabi Khidir As Al-Khidr adalah nama yang diberikan kepada seorang nabi misterius dalam Surah Al-Kahf ayat 65-82.

Selain kisah tentang Nabi Khadir yang mengajarkan tentang ilmu hikmah dan kebijaksanaan kepada Nabi Musa, asal usul dan kisah lainnya tentang Nabi Khadir tidak banyak disebutkan.

Dalam bukunya yang berjudul “Mystical Dimensions of Islam”, oleh penulis Annemarie Schimmel, Khadir dianggap sebagai salah satu nabi dari empat nabi dalam kisah Islam dikenal sebagai ‘Sosok yang tetap Hidup’ atau ‘Abadi’.

Baca Juga:Kisah Nabi Muhammad SAWSekilas Kisah Nabi Adam Di Turunkan Ke Bumi

Tiga lainnya adalah Idris, Ilyas, dan Isa Khadir abadi karena ia dianggap telah meminum air kehidupan, dikatakan bahwa Khadir telah berusia lebih dari enam ribu tahun.

Ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa Khadir adalah masih sama dengan seseorang yang bernama Elia.

Ia juga diidentifikasikan sebagai St. George di antara pendapat awal para cendikiawan Barat, Rodwell menyatakan bahwa “Karakter Khadir dibentuk dari Yitro.”

Dalam kisah literatur Islam, satu orang bisa bermacam-macam sebutan nama dan julukan yang telah disandang oleh Khadir. Beberapa orang mengatakan Khadir adalah gelarnya; yang lainnya menganggapnya sebagai nama julukan.

Khadir telah disamakan dengan St. George, dikenal sebagai “Elia versi Muslim” dan juga dihubungkan dengan Pengembara abadi.

Para cendikiawan telah menganggapnya dan mengkarakterkan sosoknya sebagai orang suci, nabi, pembimbing nabi yang misterius dan lain lain.

Ada beberapa kalangan berpendapat bahwa “Khidr” juga kemungkinan besar adalah Melkisedek didalam sumber-sumber Yahudi dan Kristen. Khidir adalah salah satu dari empat nabi dalam tradisi Islam yang abadi.

Tiga lainnya adalah Idris (Henokh), Ilyas (Elia), dan ‘Isa (Yesus).

Baca Juga:Kisah Mukzijat Nabi Nuh AsSejarah Berdirinya Agama Islam Di Sumedang

Ada yang menghubungkan Khidir sebagai Elia, St George atau Yitro. Ada juga yang menganggap Khidir sebagai Yeremia didalam sumber-sumber terdahulu.

Berikut penjelasan Sekilas Kisah Nabi Khidir As yang dapat kami informasikan.

0 Komentar