Tak Habis Pikir hingga Berantem, Deddy Corbuzier ke Coki Pardede soal Childfree: Benar Ga Cewek yang Tidak Melahirkan Lebih Muda?

Deddy Corbuzier bahas Childfree
Deddy Corbuzier bahas Childfree/YT @corbuzier
0 Komentar

sumedangekspres – Deddy Corbuzier ikut berkomentar tentang isu childfree yang dikatakan Gita Savitri. Deddy menjelaskan secara dengan hati-hati.

“Benar ga cewek yang tidak melahirkan lebih muda? Gue gak bisa nyalahin yang ribut, gue gak bisa nyalahin yang ngomong.” kata Deddy Corbuzier di YouTube-nya, pada Sabtu, 11 Februari 2023. Perlu diketahui juga, bahwa ia mengundang Coki Pardede sebagai bintang tamu di podcast-nya itu.

Deddy melihat dari sudut pandang seseorang childfree karena mulai kesal dengan pertanyaan netizen, kapan akan memiliki anak.

Baca Juga:Sosok Ini Dibandingkan dengan Lionel Messi Usai Cetak GolGeger! Amanda Manopo Keluar dari Ikatan Cinta

Menurut Deddy, penganut childfree itu berkata seperti sebelumnya mungkin ingin menghindari pertanyaan itu. Aksi itu disebut dengan coping mechanism.

Menurut wikipedia coping mechanism adalah adalah mekanisme untuk meringankan tekanan dengan meminimalkan, mengurangi, atau mencegah, komponen emosional dari suatu pemicu stres.

“Bisa juga terjadi orang ngomong seperti ini ‘gue mending gak punya anak karena gak punya anak bisa buat gue lebih muda’ karena coping mechanism, karena capek sama orang-orang Indonesia yang nanyain ‘kapan punya anak’.” kata Deddy.

Deddy juga mengambil contoh sebuah kasus di Jepang dimana saat ini ditemukan banyak rumah kosong karena saat ada pasangan yang meninggal, mereka tak mau memiliki anak sehingga rumah dibiarkan kosong begitu saja.

“Di Jepang justru banyak rumah kosong, ketika orangtuanya meninggal, gak punya keturunan jadi rumahnya kosong.” tambahnya.

Di Jepang jika terjadi seperti itu, mengatakan childfree akan memunculkan masalah besar. Namun di Indonesia, situasinya berbeda. Oleh karena itu, setiap negara memiliki solusi yang berbeda untuk fenomena ini.

“Jadi ketika anak tidak ada, itu jadi masalah sendiri. Jadi harusnya penyelesaian setiap negara berbeda. Kalau di Jepang teriak-teriak childfree bisa jadi masalah karena nanti tidak ada orang.” katanya.

Baca Juga:Yakin Pengemudi Fortuner Sudah Minta Maaf?Akhirnya! Pengemudi Fortuner Datang ke Polres untuk Menyerahkan Diri

Menurut Deddy, saat membicarakan masalah childfree, sebaiknya jangan hanya membicarakan punya anak atau tidak, karena itu adalah urusan pribadi. Namun, alasan keputusan itu harus didiskusikan.

“Jadi ngomongin childfree bukan cuma soal punya anak atau gak punya anak tapi alasan kenapa sampai tidak ingin punya anak, itu yang harus dibahas.” tegasnya.

0 Komentar